Cegah Karhutla, BBKSDA Riau Cek dan Ricek TWA Buluh Cina

Minggu, 19 September 2021

Pekanbaru, 19 September 2021. Tim Resort Buluh Cina Balai Besar KSDA Riau bersama masyarakat melakukan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan di sekitar kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina pada Selasa dan Rabu, 14-15 September 2021.

Patroli diawali dari Pos Resort dengan mengendarai sepeda motor melewati Desa Lubuk Sakat menuju arah PT. Ayau sampai ditemukannya  jejak alat berat di jalan koridor PT Ayau yang mengarah ke TWA Buluh Cina. Kemudian tim mengikuti jejak alat berat sampai ke lokasi terakhir yang berada di luar kawasan TWA Buluh Cina (diperkirakan sekitar 700m dari kawasan TWA Buluh Cina) namun tidak ditemukan alat berat di lokasi tersebut. Petugas memberikan himbauan kepada masyarakat/pekerja di sekitar lokasi agar tidak mengolah kawasan konservasi TWA Buluh Cina karena akan dikenai sanksi dan melarang membuka lahan dengan cara dibakar.

Kemudian patroli dilanjutkan dengan menyusuri arah areal bekas kebakaran tahun 2019 dan di jalan tim menemukan alat berat di luar kawasan (sekitar 1 km dr kawasan TWA Buluh Cina). Alat berat tersebut diperkirakan digunakan untuk membuka atau membersihkan jalan. Sosialisasi pun dilakukan kepada warga agar tidak mengolah  kawasan TWA Buluh Cina dan melarang warga untuk tidak membersihkan atau mengolah lahan dengan cara dibakar.

Petugas terus memantau dan memastikan bahwa aktivitas alat berat tersebut tidak sampai ke dalam kawasan hutan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini