Seekor Owa Ungko Diserahkan Warga Ke Balai Besar KSDA Riau

Jumat, 17 September 2021

Pekanbaru, 17 September 2021 - Seorang warga mengantarkan satwa dilindungi Owa Ungko ke Cinta Satwa Riau, Senin (13/9). Warga tersebut menyampaikan bahwa kemungkinan satwa lepas dari oknum yang tidak bertanggungjawab dan dikejar warga di jalan Harapan Raya. Dalam pengejaran itu Owa (Hylobates agilis) tertangkap, namun sayang bibirnya terluka karena benturan.

Cinta Satwa Riau segera melapor ke call center Balai Besar KSDA Riau. Karena kondisinya cukup memprihatinkan, dengan jamur memenuhi lidah dan langit langit mulutnya, owa sulit minum maupun makan maka fisiknya melemah dan harus dirawat intensif terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau.

Mengingat populasinya yang makin menipis, satwa ini masuk dalam satwa dilindungi Undang - Undang. Sekedar informasi bahwa owa ungko termasuk satwa Arboreal (hidup di atas pohon) dan diurnal (aktif di pagi atau sore hari) dengan perbedaan antara jantan dan betina yaitu pada jantan rambut sekitar muka atau pipi serta alis berwarna putih, sedang betina dewasa hanya bagian alis saja yang berwarna putih.

Terima kasih kepada Cinta Satwa Riau, mari tetap peduli dan menyadari bahwa hidup harus berbagi ruang dengan mahluk lain sebagai sesama ciptaan Tuhan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini