Memantau Pembangunan Sekat Kanal di SM Kerumutan

Jumat, 17 September 2021

Pekanbaru, 17 September 2021 - Pendampingan pembangunan sekat kanal di Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan, Kel. Teluk Meranti, Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan dilakukan Tim Resort Kerumutan Utara Seksi Konservasi Wilayahn (SKW) I Balai Besar KSDA Riau bersama Tim Badan Restorasi Gambut (BRG) pada Selasa sampai Sabtu, 7 - 11 September 2021.

Sebelumnya dilakukan pengarahan kepada POKMAS Teluk Meranti terkait mekanisme kegiatan pembangunan sekat kanal di batas kawasan SM Kerumutan dengan jumlah kanal di 4 lokasi yaitu Parit Mega, Parit Pago, Parit Desa dan Parit Koperasi.

Kegiatan Sekat Kanal ini dilakukan berdasarkan spesifikasi dan mekanisme dari Badan Restorasi Gambut (BRG) serta pelaksanaan pengerjaan dilakukan oleh POKMAS Teluk Meranti yang dibentuk BRG.

Pelaksanaan dimulai dari Parit Pago dan Parit Desa batas SM Kerumutan hingga ke dalam kawasan hutan dengan panjang kanal yang ditimbun 50 meter, kemudian pengerjaan sekat kanal dari batas kawasan menggunakan kayu cerocok (kayu bulat kecil dari luar kawasan) untuk penahan tanah yang ditimbun agar dikala musim hujan penyekatan tersebut tidak jebol.

Untuk penimbunan menggunakan alat berat agar penimbunan kanal lebih padat dan kokoh. Saat ini pelaksanaan pembangunan baru dilakukan di 2 lokasi sekat kanal  dan akan terus dilakukan sesuai target.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini