Dukungan BBTN Kerinci Seblat Untuk Tingkakan Ekonomi Produktif Masyarakat Sekitar Kawasan

Kamis, 16 September 2021

Lubuklinggau, 16 September 2021. Kegiatan bantuan ekonomi masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) merupakan bagian dari stategi tercapainya visi misi dari Balai Besar TNKS yang tertuang dalam dokumen Rencana Jangka Panjang TNKS periode tahun 2021 sd 2030. Berkenaan dengan hal tersebut, Balai Besar TNKS, Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah III, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah V Sumatera Selatan melaksanakan fasilitasi bantuan ekonomi di Desa Sukaraya Baru Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (16/9).

Hendrimon Syadri selaku Kepala SPTN Wilayah V Sumatera Selatan menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari program pemberdayaan masyarakat di daerah penyangga kawasan TNKS yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga masyarakat tidak lagi bergantung kepada kawasan TNKS serta turut menjaga kelestarian kawasan TNKS. Beliau juga menjelaskan bahwa pada tahun ini pihak Balai Besar TNKS telah memberikan 2 paket bantuan ekonomi senilai masing-masing Rp.50.000.000,- kepada kelompok masyarakat di Desa Kuto Tanjung Kabupaten Musi Rawas Utara dan kelompok masyarakat di Desa Sukaraya Baru Kec. STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas.

Rahmat Dinata selaku Camat STL Ulu Terawas mewakili Pemerintah Kabupaten Musi Rawas mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak Balai Besar TNKS atas adanya bantuan ekonomi kepada warganya, yang mana untuk kedua kalinya desa di kecamatannya menerima bantuan serupa dari pihak Balai Besar TNKS setelah sebelumnya Kelompok Masyarakat di Dusun Sri Pengantin berhasil memperoleh bantuan ternak sapi senilai 50 juta pada tahun 2020. Sementara pada tahun 2021 kelompok masyarakat Desa Sukaraya Baru yang mendapatkan bantuan ekonomi berupa ternak kambing bibit unggul senilai 50 juta.

Rahmat juga menyampaikan bahwa hal ini telah disampaikan kepada Ibu Bupati Musi Rawas, dan beliau berpesan kepada kelompok masyarakat penerima bantuan agar mampu merawat dan menjaga bantuan dari pihak Balai Besar TNKS secara baik sehingga bantuan bisa membawa berkah dan manfaaf secara ekonomi serta dapat bersama-sama menjaga kelestarian fungsi kawasan TNKS sebagai penyangga kehidupan.

Kegiatan ini turut dihadiri Pejabat Pemerintah Kabupaten Musi Rawas diantaranya Camat STL Ulu Terawas, Kepala BPP Terawas, Kepala Desa Sukaraya Baru serta anggota kelompok masyarakat penerima bantuan "Pelike Jaya Lestari".

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat

1. Hendrimon, Ka. SPTN Wilayah V Sumatera Selatan
2. Humas Balai Besar TN Kerinci Seblat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini