Meru Betiri Gandeng PLN Sejahterkan Masyarakat Sekitar Kawasan

Jumat, 03 September 2021

Jember, 3 September 2021. Dua kelompok masyarakat binaan Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) yakni Kelompok Gerakan Pemuda Sarongan (GPS) dan Masyarakat Ekowisata Rajegwesi (MER) mendapatkan bantuan CSR PLN Peduli di homestay Java Turtle, Kamis (2/9). Bantuan yang diserahkan berupa uang Rp. 50.000.000  untuk kelompok Gerakan Pemuda Sarongan dan uang Rp. 100.000.000 untuk kelompok Masyarakat Ekowisata Rajegwesi untuk pembelian 2 buah perahu wisata.

Kegiatan diawali  dengan diskusi pengembagan usaha ekonomi kelompok masyarakat di masa pandemi, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima bantuan CSR PLN Peduli. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi kelompok dan mendukung kegiatan pariwisata di Taman Nasional Meru Betiri.

Roni, Ketua kelompok Gerakan Pemuda Sarongan menyampaikan terima kasih kepada Kepala Balai TN MerBeti dan semua pihak yang selalu memberikan dukungan dan mendampingi kelompok GPS hingga sampai saat ini. “Saya berharap dengan adanya tambahan fasilitas yang didapatkan ini, dapat meningkatkan semangat dan penjualan air minum dalam kemasan serta meningkatkan ekonomi selaku kami UMKM binaan TN MerBeti” ungkap Roni.

Maman Surahman, Kepala Balai TN MerBeti menyampaikan bahwa “Ini merupakan bentuk nyata kehadiran Negara di tengah masyarakat yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga kesejahteraan meningkat, dan pada akhirnya kelestarian TN MerBeti dapat diwariskan hingga anak cucu kita”.

Penyerahan bantuan ekonomi ini merupakan bagian dari pelasanaan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Balai TN Meru Betiri dan PLN Distribusi Jawa Timur yang tertuang dalam Dokumen PKS 360/T.15/TU/KSK/05/2019 dan 0006.MOU/KON.03.01/DIST-JATIM/2019 tanggal 24 Mei 2019 dalam kerangka pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan berupa pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan jaringan tenaga listrik di Taman Nasional Meru Betiri.

Kegiatan dihadiri Kepala Balai Taman Nasional Meru Betiri, Bapak Maman Surahman, S.Hut., M.Si. , Bapak Krisantus Hendro Setyawan selaku Manager PLN UP 3 Banyuwangi, Sekdes Sarongan serta mitra Taman Nasional lainnya.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini