Pendidikan Konservasi Di SMK 3 Sang Tombolang

Rabu, 01 September 2021

Maelang, 1 September 2021. Guna meningkatkan pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan, SMK 3 Sang Tombolang bersama Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) 3 Maelang Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TN Bonawa) melaksanakan pendidikan konservasi, Rabu (1/9). Pendidikan Konservasi merupakan salah satu bentuk kegiatan pengelolaan yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi kepada masyarakat sejak dini.  

Salah satu lapisan masyarakat yang menjadi target pendidikan konservasi untuk usia remaja adalah pelajar di tingkat sekolah menengah, khususnya yang berada di desa daerah penyangga Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Mereka merupakan sasaran yang potensial dan produktif untuk dapat menerima wawasan dan pengetahuan akan pentingnya Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, selain itu masa remaja merupakan suatu masa dimana sangat cocok untuk dilakukan penanaman nilai - nilai konservasi karena mereka lebih mudah memahami dan membayangkan tentang apa yang diberikan serta mereka merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan kehidupan kedepannya.

Kegiatan pendidikan Konservasi dibawakan oleh Kepala SPTN Wilayah 3 Maelang Bapak Yulian Sadono dan Calon Polisi Kehutanan Bapak Amal Hidayat. Siswa siswi sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan rangkaian kegiatan antara lain materi tentang membangun kreativitas dan inovasi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, kuis interakif serta games seputar TN Bonawa untuk menuntut mereka aktif dalam kegiatan.

Melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran, pengetahuan, keterampilan para pelajar dan dapat mempengaruhi orang – orang terdekatnya (keluarga) mengenai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, serta dapat mengimplementasikan nilai – nilai konservasi dalam kehidupannya sehari - hari.

Sumber : Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini