BBKSDA Riau Amankan Aktivitas Illegal Logging di SM Giam Siak Kecil

Minggu, 22 Agustus 2021

Pekanbaru, 23 Agustus 2021 – Bidang KSDA Wilayah II Balai Besar KSDA Riau melakukan patroli pengamanan kawasan Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil, Semandak, Desa Tasik Serai Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Kamis (12/8/21). Patroli dilakukan secara gabungan dari personil lingkup Bidang KSDA Wilayah II.

Target patroli kali ini alat berat yang sedang beraktivitas di dalam kawasan SM Giam Siak Kecil karena sering terjadi aktivitas perambahan dan illegal logging jenis kayu Mahang. Beberapa kali Tim Resort Duri sudah melakukan tindakan perventif seperti pemasangan rambu, sosialisasi dan pemberian surat peringatan, tetapi para pelakunya selalu berbeda - beda.

Dari hasil patroli, ditemukan 56 rakit kayu Mahang (260 Batang) dengan diameter rata - rata 13 cm, 3 unit chainshaw dan 1 unit alat berat jenis excavator yang ditinggal oleh operatornya. Tim mengamankan 5 orang pelaku illegal logging ke kantor Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III untuk dilakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan, pelaku illegal logging merupakan orang yang berbeda dari pelaku sebelumnya dan belum pernah diberikan surat peringatan.

Tim memberikan surat peringatan dan melakukan pembinaan pada pelaku illegal logging di kantor SKW III, mengamankan 3 unit chainshaw dan merusak alat berat di lokasi perambahan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini