760 Tukik di Peringatan HUT RI ke 76

Rabu, 18 Agustus 2021

Sukamade, 19 Agustus 2021. Berbeda dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI pada umumnya, Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) mengadakan acara peringatan HUT RI ke 76 tahun 2021 dengan cara yang cukup unik. Peringatan tersebut dikemas dengan kegiatan pelepasliaran tukik di Pantai Sukamade pada tanggal 17 Agustus 2021 pkl. 09.00 WIB di Pantai Sukamade. Unit Konservasi Penyu (UKP) Resort Sukamade Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Sarongan, Balai TN Meru Betiri melepaskan tukik jenis Penyu Hijau (Chelonia mydas) sebanyak 760 ekor. Acara yang dikemas secara sederhana pada masa pandemi COVID 19 ini diikuti Petugas Resort Sukamade yang dipimpin langsung Kepala Resort Sukamade, Nyoto Prasetyo SH.

Nyoto Prasetyo mengatakan bahwa pada hari spesial ini sengaja dilepasliarkan tukik sejumlah 760 ekor yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh Petugas di UKP Resort Sukamade. Jumlah tukik disesuaikan dengan angka peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu dengan adanya acara ini diharapkan dapat menjadi edukasi dan promosi tentang kelestarian flora fauna di kawasan TN Meru Betiri khususnya satwa penyu laut dan TN MerBeti sebagai salah satu lokasi pendaratan penyu terbaik di Indonesia.

Selama tahun 2021 sampai dengan bulan Agustus ini tercatat setidaknya ada 1.457 penyu yang mendarat di Pantai Sukamade yang didominasi oleh penyu hijau sebanyak 1.409 ekor, dengan jumlah telur penyu yang ditetaskan seanyak 59.275 butir.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini