BBKSDA Riau Dampingi BRG Pembuatan Sekat Kanal

Selasa, 17 Agustus 2021

Pekanbaru, 19 Agustus 2021 - Tim Resort Kerumutan Utara Balai Besar KSDA Riau bersama Tim Badan Restorasi Gambut (BRG) melakukan pendampingan pembangunan kanal timbun (sekat kanal) di Suaka Margasatwa (SM)  Kerumutan, Kel. Teluk Meranti, Kec. Teluk Meranti, Kab.Pelalawan pada tanggal 10 -15 Agustus 2021.

Tim melakukan briefing dan arahan pada kelompok masyarakat (pokmas) Teluk Meranti terkait mekanisme pembangunan sekat kanal di batas kawasan SM. Kerumutan dengan jumlah kanal di 4 lokasi yaitu Parit Mega, Parit Pago, Parit Desa dan Parit Koperasi.

Kegiatan sekat kanal dilakukan berdasarkan spesifikasi dan mekanisme dari Badan Restorasi Gambut (BRG) serta pelaksanaan pengerjaan dilakukan oleh pokmas Teluk Meranti yang dibentuk oleh BRG.

Pelaksanaan dimulai dari Parit Pago batas SM. Kerumutan hingga ke dalam kawasan hutan dengan panjang kanal yang ditimbun 50 meter. Pengerjaan sekat kanal dari batas kawasan menggunakan kayu cerocok ( kayu bulat keci dari luar kawasan) untuk penahan tanah yang ditimbun agar saat musim hujan penyekat tersebut tidak jebol .

Untuk penimbunan menggunakan alat berat agar lebih padat dan kokoh. Saat ini pembangunan sekat kanal baru dilaksanakan 1 lokasi dan akan terus dikerjakan sesuai target.

Semoga segera dapat terselesaikan dan pembangunan sekat kanal dapat dipergunakan secara optimal.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini