Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 76 Balai Besar KSDA Jawa Timur lepas Tukik

Rabu, 18 Agustus 2021

Malang, 17 Agustus 2021 – Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 76, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA Jatim) Resort Konservasi Wilayah (RKW) 21 Pulau Sempu bersama Pokwasmas Pilar Harapan/ Bajulmati Sea Turtle Conservation (BSCT) melakukan pelepasliaran tukik jenis penyu lekang (Lepidochelys olivaceae), di Pantai Bajulmati Kabupaten Malang, Selasa (17/8/21). Tukik yang dilepasliarkan sejumlah 185 ekor dalam kondisi sehat dan aktif.

Tukik tersebut merupakan hasil penyelamatan dari 3 sarang telor penyu lekang (Lepidochelys olivaceae) pada tanggal 29, 30 dan 31 Mei 2021 yang dilakukan masyarakat penggiat dan pelestari penyu binaan Balai Besar KSDA Jawa Timur yaitu Pokwasmas Pilar Harapan/ Bajulmati Sea Turtle Conservation (BSTC) di Pantai Bajulmati Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Penyelamatan telor penyu tersebut berhasil menetas pada awal bulan Agustus 2021 dengan jumlah 194 ekor tukik.

Kegiatan pelepasliaran tukik bertepatan dengan momentum perayaan HUT RI ke 76, merupakan salah satu upaya edukasi kepada masyarakat sekitar pantai untuk terus meningkatkan kepedulian dalam rangka pelestarian penyu sebagai salah satu satwa liar yang dilindungi Undang - Undang di Indonesia. Pelepasliaran tukik mengikuti Surat Edaran Dirjen KSDAE tentang Petunjuk Teknis pelepasliaran Satwa Liar di masa Pandemi Covid-19 (dilakukan dengan mengikuti pencegahan penularan Covid-19, menghindari kerumunan manusia dengan jumlah petugas tidak banyak serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan).

Tukik Penyu Lekang (Lepidochelys olivaceae), merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor. P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri LHK Nomor. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi.

Plt Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur Ir Hartojo, menyampaikan “Pelepasliaran Tukik di Pantai Bajulmati Kabupaten Malang, merupakan salah satu upaya penyelamatan dan pelestarian satwa liar jenis Penyu bersama masyarakat pada habitat di luar Kawasan Konservasi yang saat ini menjadi kawasan wisata pantai”.

Balai Besar KSDA Jawa Timur, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat penggiat Penyu di wilayah Malang Selatan, di saat pandemi Covid-19 kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam upaya penyelamatan dan pelestarian penyu tidak surut.

Salam Konservasi

Sumber: Balai Besar KSDA Jawa Timur

Narasi: Hari Purnomo Polhut BBKSDA Jatim

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini