Tak Tertolongnya Dua Harimau di Sosopan

Selasa, 18 Juli 2017

Sosopan, 18 Juli 2017. Seekor harimau dalam kondisi lemas dievakuasi dari Desa Sihaporas, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas menuju di Barumun Nagary Wildlife Sanctuary setelah dirawat kurang lebih selama 2,5 jam oleh dokter hewan dari Barumin Nagary, harimau dinyatakan mati.

Berawal dari laporan warga (Madan Harahap ) ke pihak Koramil 07/Sosopan setelah berpapasan dengan Harimau Sumatera sepulangnya dari kebun pada tanggal 8 Juli 2017 sekitar pukul 11.15 WIB. Petugas Koramil 07/Sosopan dan Tim dari Seksi Konservasi Wilayah VI Kotapinang berkoordinasi dan melakukan pengecekan lokasi dan menemukan jejak kaki harimau sebanyak 2 ekor (dewasa dan anak-anak) yang berada lebih kurang 50 meter dari kandang kambing warga. Pada saat itu masyarakat dihimbau agar mengurangi aktifitas di luar rumah pada sore/malam hari, tidak mengganggu keberadan harimau dan melakukan aktifitas di luar rumah secara bersama-sama (bergerombol).

Pada tanggal 10 Juli 2017 Harimau dengan kondisi lemas ditemukan di depan kantor Koramil Sosopan pada pukul 09.00 WIB dan baru sampai di Barumun Nagary Wildlife Sanctuary pada pukul 20.30 WIB. Setelah dirawat, pada pukul 23.01 harimau naas tersebut tidak dapat diselamatkan.

Dua hari berselang, tepatnya pada tanggal 12 juli 2017, sekitar Pukul 08.35 WIB, berjarak sekitar 100 meter  tidak jauh dari penemuan harimau sebelumnya kembali ditemukan harimau berukuran tanggung dalam keadaan mati di kebun masyarakat. Kemudian Danramil 07/Sosopan Lettu Inf AK Harahap berkordinasi dengan pihak kehutanan dan BBKSDA serta barumun nigari untuk mengamankan harimau tersebut di kantor Koramil dan diadakan necropsy utk mengetahui penyebab kematian.

Sampai dengan berita ini diterbitkan, Petugas SKW VI BBKSDA Sumut masih melakukan pengecekan lapangan terhadap adanya lagi harimau dewasa yang datang ke lokasi tersebut serta masih menunggu hasil necropsy kematian dua harimau tersebut.

Sumber Info : BBKSDA Sumatera Utara Wilayah VI Kota Pinang dan Koramil 07/Sosopan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini