Mitigasi Konflik Beruang Dengan Manusia, BBKSDA Riau Pasang Kandang Jebak Baru

Senin, 26 Juli 2021

Pekanbaru, 26 Juli 2021 - Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau yang dipimpin langsung Kepala Seksi P3 melakukan penanganan konflik Beruang dengan manusia di Kec. Kepenuhan, Kab. Rokan Hulu, Jumat (23/7/21). Tim melakukan sosialisasi dan berdiskusi mengenai penanganan lebih lanjut terhadap konflik Beruang dengan sosialisasi bersama Camat, Sekcam, bhabimkabtimas, bhabinsa, Kades Kepenuhan Tengah, Kades Kepenuhan Barat, SPIII Koto Tengah, RT dan RW  masing - masing Desa, perwakilan warga masing - masing desa 3 orang dan 5 orang masyarakat yang terkena dampak langsung serta mahasiswa.

Konflik telah terjadi hampir satu bulan dan kandang jebak juga tidak menunjukkan hasil maka Tim Rescue melakukan pemasangan kandang penjebak baru sekaligus pemindahan kandang penjebak lama ke posisi baru. Selain itu, akan dibentuk Tim penanggulangan konflik tingkat desa/ kecamatan untuk mengontrol efektivitas kandang jebak yang telah di pasang serta membantu mitigasi.

Peninjauan lokasi juga dilakukan untuk memetakan pergerakan Beruang dari hasil observasi di beberapa lokasi yang menjadi sasaran beruang. Beruang menyasar lokasi seperti kandang ayam rumah warga, kebun buah dan tanaman  sayur seperti buah nangka dan jagung. Semua lokasi sebagian besar ada pada kawasan hutan produksi yang dapat dikonversi (HPK).

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini