Bersama MMP, BBKSDA Riau Sisir SM Kerumutan Selatan

Sabtu, 26 Juni 2021

Pekanbaru, 26 Juni 2021 - Resort Kerumutan Selatan (Pekan Heran) Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bersama masyarakat dan anggota Masyarakat Mitra Polhut (MMP) melakukan patroli pengamanan kawasan konservasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sekitar Desa Rantau Bakung dan Desa Redang, Kec. Rengat Barat, Kab. Indragiri Hulu, Jumat (25/6). Patroli bersama ini dilakukan untuk mencegah secara dini terjadinya tindak pidana kehutanan baik di luar maupun di dalam kawasan Suaka Margasatwa (SM)  Kerumutan Selatan.

Koordinasi dilakukan dengan Askep PT. Teso Indah karena konsensi PT. Teso Indah berdampingan langsung dengan SM. Kerumutan Selatan. Sosialisasi juga dilakukan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar penyangga SM. Kerumutan Selatan agar tidak merambah, menebang dan mengambil kayu maupun membuka  lahan dengan cara membakar.

Pengecekan juga dilakukan pada embung air dan menara api pemantau karhutla yang dibuat PT. Teso Indah di batas kawasan SM. Kerumutan bagian selatan. Dari pengecekan tersebut menara Api masih layak digunakan dan debet air di dalam embung cukup stabil serta resapan air di sekitar kawasan SM. Kerumutan cukup tinggi. Kanal/parit yang mengarah ke kawasan SM. Kerumutan yang rawan digunakan untuk aktivitas illegal logging juga tidak ditemukan aktivitas masyarakat.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini