Pembukaan Terbatas OWA Tlogo Muncar dan Plunyon

Kamis, 01 April 2021

Sleman, 31 April 2021. Pembukaan kembali Obyek Wisata Alam (OWA) Tlogo Muncar (Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman) dan Plunyon (Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman), dilaksanakan setelah melalui koordinasi dan konsultasi dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Kedua OWA tersebut sebelumnya ditutup selama kurang lebih setahun, dikarenakan pandemi dan kenaikan status Gunung Merapi menjadi SIaga (level III).

Sejak tanggal 31 Maret 2021, kedua OWA tersebut dibuka, dengan dasar surat Pengumuman Nomor PG.04/BTNGM/TU/Ren/03/2021 tanggal 30 Maret 2021 tentang Pembukaan Terbatas OWA Tlogo Muncar dan Plunyon TNGM. Pembukaan kedua OWA ini menyusul pembukaan OWA Jurang Jero yang telah lebih dahulu dibuka pada tanggal 1 Maret 2021 silam.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai TNGM Muhammad Wahyudi menyampaikan bahwa pada pembukaan terbatas ini, ada ketentuan untuk para pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan, serta jam berkunjung 09.00 – 15.00 WIB. Diisampaikan juga bahwa untuk OWA Tlogo Muncar dan Pulunyon pada setiap hari Senin ditutup untuk umum, sedangkan OWA Jurang Jero ditutup setiap hari Jumat, dalam rangka pengecekan, pembersihan serta penyemprotan desinfektan.

Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa OWA Tlogo Muncar dan OWA Plunyon berada pada batas aman aktivitas (yaitu jarak 7 km dari puncak Gunung Merapi), seusai dengan yang direkomendasikan oleh BPPTKG yaitu lebih dari 5 km. Demikian juga dengan OWA Jurang Jero.

Pada pemantauan hari pertama pembukaan terbatas, pengunjung masih sedikit, karena selain hari kerja, juga dimungkinkan masih minim informasi tentang pembukaan terbatas kedua OWA tersebut.

Diharapkan dengan pembukaan OWA ini dapat menstimulus perekonomian masyarakat sekitar OWA Tlogo Muncar, OWA Plunyon, maupun OWA Jurang Jero, tutup Wahyudi.

*
Sumber : Titin Septiana R. - Balai Taman Nasional Gunung Merapi
Penanggung Jawab : Plt Kepala Balai TN Gunung Merapi : Muhammad Wahyudi, SP, M.Sc
FB : Taman Nasional Merapi
Twitter : @btngunungmerapi
Instagram : @btngunungmerapi
Call center : 081327691368

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini