Terperangkap Jerat Babi, BKSDA Sumsel Berhasil Evakuasi Beruang Madu

Kamis, 01 April 2021

Lahat, 31 Maret 2021. Balai KSDA Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) melalui Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Lahat bersama Unit Pidana Khusus (Pidsus) Polres Lahat berhasil menyelamatkan seekor Beruang madu yang terperangkap jerat babi di daerah Talang Kabu, Pagar Agung, Lahat pada Selasa (30/3). Informasi satwa dilindungi yang terjerat tersebut bermula dari laporan yang disampaikan Unit Pidsus Polres Lahat.

Saat tim datang, beruang dewasa berjenis kelamin jantan tersebut dalam kondisi hidup dan terjerat pada bagian tangan kanan. Sedangkan bagian tangan kiri terluka, membengkak serta memar. Lokasi temuan tersebut, kondisi vegetasinya berupa semak belukar dan perkebunan warga. Sampai dengan saat ini, beruang tersebut masih dalam perawatan dan penanganan medis sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

Sebagai langkah antisipatif ke depannya, petugas SKW II Lahat menghimbau masyarakat agar segera melapor ke perangkat desa setempat ataupun call center BKSDA Sumsel apabila menjumpai adanya pergerakan satwa liar, terutama jenis satwa dilindungi sehingga dapat segera diupayakan penyelamatannya.                                  

Ayo lebih peduli dan sayangi satwa liar. Jangan lagi pasang jerat, karena akan membuat satwa sekarat. Bila tetap pasang jerat, tunggu saja nanti ada aparat.

Sumber : Julita Pitria - Balai KSDA Sumatera Selatan

Call center BKSDA Sumsel : 0812-7141-2141

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini