Verifikasi Rencana Kebun Bibit Rakyat Pokdarwis Wahana Bumi Madani

Jumat, 26 Maret 2021

Pekanbaru, 22 Maret 2021 - Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Sei Jang Duriangkang berkunjung ke Taman Wisata Alam (TWA) Muka Kuning. Kunjungan tersebut dalam rangka verifikasi pengajuan proposal Kebun Bibit Rakyat Kelompok Sadar Wisata Wahana Bumi Madani.

BPDASHL Sei Jang Duriangkang yang diwakili oleh Kepala Seksi RHL dan KPHL Unit II Batam melakukan penilaian usulan areal yang berpotensi untuk pembuatan KBR dengan menilai kesiapan fisik dan ketersediaan kelompok.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wahana Bumi Madani merupakan kelompok binaan Balai Besar KSDA Riau yang berada di Tembesi Bengkel, TWA Muka Kuning di Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam. Pada tahun 2020, Pokdarwis Wahana Bumi Madani telah mendapatkan Bantuan Ekonomi Produktif berupa fasilitas pembibitan berupa Bangunan Pembibitan dan saluran air. Adanya program KBR di TWA Muka Kuning merupakan tindak lanjut dari perubahan peraturan terkait pembibitan di Kawasan Hutan.

Terkait sistem KBR, pada pelaksanaan KBR 2021 ditargetkan sebanyak 35.000 batang bibit dengan luasan tanam 25 Hektar. Pemilihan jenis bibit dan mekanisme penanaman dilaksanakan secara mandiri oleh kelompok, dengan target penanaman terlaksana pada awal musim hujan tahun 2021.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini