Road to HKAN 2021, Balai KSDA Kalsel Lakukan Pelepasliaran dan Penitipan Satwa di LK Jhonlin Lestari

Jumat, 26 Maret 2021

BATULICIN, 23 MARET 2021 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (Balai KSDA Kalsel) melalui Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Batulicin menitiprawatkan satwa liar dilindungi ke Lembaga Konservasi (LK) Jhonlin Lestari dan melepasliarkan satwa di sekitar areal LK Jhonlin Lestari. Kegiatan dilakukan oleh Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Suwandi S.Hut., M.A bersama Kepala SKW III Batulicin, Nikmat Hakim Pasaribu, SP., M.Sc dan General Manager LK Jhonlin Lestari Bapak Imanuel.

2-2021-03-25 at 12.06.06

3-2021-03-25 at 12.06.06

Satwa yang dititiprawatkan total sebanyak 6 ekor diantaranya yaitu Buaya Muara (Crocodylus porosus) 1 ekor, Burung Pecuk Ular Asia (Anhinga melanogaster) 2 ekor, Burung Bangau Tongtong (Leptopyilos javanicus) 1 ekor, Burung Elang Bondol (Haliastur indus) 1 ekor, dan Burung Kakatua Alba (Cacatua alba) 1 ekor. Selanjutnya, untuk satwa yang dilakukan pelepasliaran adalah Kukang (Nycticebus coucang) sebanyak 2 ekor. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud aksi nyata dari Balai KSDA Kalsel untuk melestarikan satwa dilindungi dan terus bekerjasama dengan para mitra baik lembaga, instansi serta masyarakat agar kelestarian satwa tetap terjaga.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan Road To HKAN (Hari Konservasi Alam Nasional) 2021 dengan tema “Keberlanjutan Konservasi Alam Untuk Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkeadilan". Kepala Balai Dr. Mahrus berharap satwa yang dititiprawatkan ke mitra dapat hidup dengan sehat, sedangkan untuk satwa yang dilepasliarkan kembali ke alam bebas diharapkan mampu beradaptasi serta berkembang biak di lingkungan yang baru. (ryn)

 

salam bekantan !!!

Sumber & Dokumentasi : Maulinda, S.Hut (Staf SKW III Batulicin Balai KSDA Kalsel)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini