Road Show Kepala Balai TN. Aketajawe Lolobata ke Pemda Halmahera Timur

Jumat, 26 Maret 2021

Sofifi, 26 Maret 2021 - Heri Wibowo Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (BTNAL) selama tiga hari melakukan road show di Kabupaten Halmahera Timur. Selain bersilaturahmi, tujuan road show kali ini adalah bersilaturahmi menjalin kolaborasi khususnya di bidang wisata alam dan pengembangan geopark kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Timur yaitu Bupati Halmahera Timur dan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Halmahera Timur.

Sebelumnya, Heri mengunjungi kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasionel (SPTN) Wilayah III dan Wilayah II untuk melakukan pembinaan pegawai dan mengunjungi rumah baca Ho Magarago. Sembari membawakan buku bacaan, kunjungan ke rumah baca yang berada di wilayah SPTN III tersebut merupakan kunjungan perdana Kepala Balai TNAL.

“Semoga bukunya dapat dimanfaatkan oleh anak-anak Ho Magarago untuk masa depan mereka”, ujar Heri.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke kantor Bupati Halmahera Timur. Heri disambut baik oleh Bupati terpilih yang baru saja dilantik, Drs. Hi. Ubai Yakub, MPA. Tak lupa, Heri mengucapkan selamat atas pelantikan Bupati Halmahera Timur yang kemudian dilanjutkan dengan pembahasan terkait kerjasama dan kegiatan yang dapat dikolaborasikan. Diantaranya adalah usulan tanah untuk pembangunan kantor Resort Lolobata, kerjasama pengembangan ekowisata di Resort Ake Jawi serta dukungan pengembangan geopark di kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Dimana, Kabupaten Halmahera Timur memiliki potensi ekosistem kars yang cukup besar terutama dalam kawasan TNAL.

Bupati Halmahera Timur menyambut baik dan mendukung program-program tersebut. Beliau meminta agar dalam pengelolaan kawasan Balai TNAL dapat selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Bupati juga mengarahkan agar Balai TNAL melakukan pemetaan konflik dan potensi kawasan serta mengedepankan tindakan persuasif kepada masyarakat jika terdapat kegiatan penebagan di kawasan hutan.

Keesokan harinya (25/03), Kepala Balai yang didampingi oleh Kepala SPTN Wilayah II dan Wilayah III melakukan kunjungan ke Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Halmahera Timur. Kunjungan tersebut juga membahas tentang rencana pengembangan ekowisata dan geopark di kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Hardi Musa, S.Pd., M.A siap mendukung kegiatan positif tersebut. Sebagai bentuk dukungan, Beliau akan berupaya memasukkan kegiatan pengembagan ekowisata tersebut pada anggaran 2022 mendatang, dimana pada tahun 2019 Dinas Pariwisata dan Budaya Halmahera Timur juga telah membantu membangun jalan wisata di kawasan Resort Ake Jawi.

Hardi Musa menyampaikan bahwa perlu adanya sinergi bersama dalam rangka mendukung kegiatan festival budaya dan wisata di Halmahera Timur serta pengembangan situs cagar budaya di kawasan TNAL sebagai wisataa edukasi dan sejarah.

 

Sumber: Balai TN Aketajawe Lolobata

Akhmad David Kurnia Putra – Polhut

Aris Rafli – Pengendali Ekosistem Hutan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini