Patroli Pengamanan Hutan di Kawasan SM. Pelaihari SKW I BKSDA Kalsel

Minggu, 14 Maret 2021

Pelaihari, 10 Maret 2021 – Berdasarkan informasi Kepala Resort Suaka Margasatwa (SM) Pelaihari, Akhmad Fauzan, S. Hut bahwa pada areal yang menjadi tanggung jawabnya terdapat beberapa lokasi yang rawan terjadinya penebangan tanpa izin. Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I, Mirta Sari, S. Hut, MP. Langsung mengintruksikan kepada tim Polisi Kehutanan (POLHUT) untuk melakukan Patroli di kawasan SM. Pelaihari (10/03/21).

Bertolak dari Kantor SKW I, tim Patroli bergerak menuju wilayah Kawasan SM. Pelaihari. Patroli dipimpin Langsung oleh Kepala SKW I didampingi oleh Kepala Resort, POLHUT Balai KSDA KALSEL serta POLHUT Lingkup SKW I. “Patroli kita laksanakan selama 3 (tiga) hari dengan tujuan Desa Alur, Desa Jorong, Desa Sebuhur dan Desa Kandangan Lama.

Sesuai arahan dari Kepala Balai KSDA Kalsel Dr.Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc kegiatan ini kita laksanakan dengan cermat, tetap waspada dan tegas penegakan hukum  terhadap pelakunya.

2-2021-03-12 at 12.49.04

Pada hari pertama tim melaksanakan patroli di wilayah Desa Alur dan Desa Jorong dengan waktu tempuh ± 3 (tiga) jam. Setelah tiba dikawasan SM. Pelaihari tim mendapati bekas tebangan pohon galam dan akasia yang berdiameter ± 10 up. Informasi yg didapatkan bahwa kegiatan penebangan kayu sudah lama dihentikan setelah adanya peringatan dari warga sekitar. Hari selanjutnya tim melaksanakan Patroli di Desa Sebuhur dan Desa Kandangan Lama.

Perjalanan dari Kantor Resort SM. Pelaihari menuju Desa Sebuhur ditempuh ± 2 jam, sedangkan untuk menuju ke Kandangan lama bisa ditempuh ± 3 jam  dengan menggunakan kendaraan roda 2 (dua).

3-2021-03-12 at 12.49.04

“Di Desa Sebuhur dan Desa Kandangan Lama tidak terdapat gangguan pada Kawasan SM. Pelaihari, tapi kita harus selalu memantau dan menggali informasi terkait keamanan kawasan kita. “Dalam hal pengelolaan hutan, kita harus selalu melibatkan Masyarakat Setempat juga Aparat Setempat sesuai arahan Kepala Balai.”ujar Kepala Seksi, Mirta Sari, S. Hut, MP. (ryn)

Sumber : Hendar Wibawa - Calon Polhut Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini