Lagi, World Parrot Trust Berkunjung ke TN Aketajawe Lolobata

Rabu, 12 Juli 2017

Sofifi, 12 Juli 2017. Profauna bersama World Parrot Trust (WPT) kembali mengunjungi kantor Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) di Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Kali ini yang berkunjung dari WPT adalah drh. Oka Dwi P, seorang dokter hewan yang sudah berpengalaman menangani burung paruh bengkok.

Kedatangan WPT langsung disambut oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNAL, Ibu Rosna, SP. Pada kesempatan itu, Ibu Rosna menyampaikan tentang kondisi TNAL secara umum beserta program-program yang sudah dilaksanakan. Tak lupa, Beliau juga menyampaikan progres pembangunan Suaka Burung Paruh Bengkok di wilayah Resort Tayawi yang direncanakan beroperasi awal tahun 2018 nanti.

“Jika ada wisatawan yang berkunjung ke Maluku Utara tetapi belum mengunjungi Suaka Burung Paruh Bengkok, maka bisa dibilang wisatawan tersebut belum sampai berkunjung ke Maluku Utara” sebut Ibu Rosna.

Tanpa menyianyiakan kesempatan, para tamu tersebut langsung dibawa  menuju kandang transit dan gedung Pusat Informasi oleh anggota Database Balai TNAL. Dalam kandang transit, drh. Okta langsung memberikan masukan yang sangat bermanfaat bagi pengelolaan kandang transit bagi burung paruh bengkok.

“Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam penanganan burung paruh bengkok, yaitu food, watter dan shelter, makanan yang bervariasi, air yang bersih dan kandang yang disesuaikan dengan kondisi alamnya, misalnya jangan tertutup semua oleh atap seng, biarkan sebagian terbuka (kawat jaring) agar cahaya dan air hujan bisa masuk karena paruh bengkok juga suka dengan air dan agar burung tidak stres,” kata drh. Okta.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini