Balai TN Sebangau Laksanakan SMART PATROL di Tingkat Tapak

Senin, 08 Maret 2021

Pulang Pisau, 5 Maret 2021. Balai Taman Nasional (BTN) Sebangau bekerja sama dengan Kepolisian, TNI dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) bersama-sama melaksanakan kegiatan patroli gabungan. Aktifitas dalam kegiatan tersebut diantaranya memetakan potensi sumber daya alam meliputi jenis satwa prioritas, flora, tindakan pelanggaran atau ancaman dari manusia, serta sosialisasi pencegahan dan pengendalian kebakaran bagi masyarakat di sekitar kawasan TN Sebangau. Kegiatan ini dilaksanakan sampai tingkat tapak di 3 (tiga) resort yaitu Resort Mangkok, Bangah dan Sebangau Kuala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II di Pulang Pisau.

Kegiatan patroli ini didukung dengan aplikasi SMART PATROL. Sebagai informasi, SMART PATROL merupakan aplikasi yang dipergunakan untuk mengelola database yang terintegrasi secara langsung dengan kegiatan petugas di lapangan. Sistem ini terhubung dengan smartphone sehingga data hasil kegiatan dapat dikelola dan diolah lebih efektif dan efisien. Adanya SMART PATROL sangat membantu manager kawasan konservasi untuk membuat rencana pengelolaan yang lebih baik, mengevaluasi dan mengimplementasikan aksi konservasi serta meningkatkan akuntabilitas.

Selain ditujukan untuk meningkatkan kapasitas petugas di lapangan dalam rangka perlindungan dan pengamanan hutan dari ancaman perburuan, pemukiman ilegal, pembukaan lahan baru, perkebunan ilegal dan pertambangan, kegiatan ini juga menjadi salah satu langkah pendekatan kepada masyarakat di sekitar kawasan agar bersama-sama dalam menjaga dan melestarikan hutan rawa gambut di TN Sebangau Kalimantan Tengah.

 

Sumber : SPTN Wilayah II - Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini