Inventarisasi Potensi Keanekaragaman Hayati Jenis Tumbuhan di TN Sebangau

Senin, 08 Maret 2021

Pulang Pisau, 6 Maret 2021 – Balai Taman Nasional (BTN) Sebangau melaksanakan kegiatan inventarisasi potensi keanekaragaman hayati jenis tumbuhan di Resort Bangah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Kabupaten Pulang Pisau (06/03). Kegiatan ini sudah mulai dilaksanakan sejak tahun lalu dengan tujuan untuk mengumpulkan data potensi sekaligus menambah bahan informasi tentang sebaran keanekaragaman hayati yang ada dalam kawasan TN Sebangau.

Kegiatan inventarisasi potensi keanekaragaman hayati jenis tumbuhan dilaksanakan melalui pengamatan langsung terhadap potensi flora yang dijumpai. Adapun langkah – langkah pengambilan datanya adalah menggunakan perangkat GPS dan tallysheet dengan metode transek garis. Tim berangkat dari titik awal yang telah ditentukan terlebih dahulu dan diambil titik koordinatnya dengan fitur track GPS yang diaktifkan. Selanjutnya, tim melakukan pengamatan sepanjang jalan yang dilewati dengan jarak pandang pengamatan adalah 50 meter ke kiri dan 50 meter ke kanan. Panjang track menyesuaikan kondisi di lapangan dan setiap perjumpaan dicatat di dalam tallysheet.

Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahun agar data potensi keanekaragaman hayati jenis tumbuhan di Balai TN Sebangau khususnya di setiap resort semakin lengkap.

 

Sumber : SPTN Wilayah II – Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini