Siap Siaga Karhutla, BTN Sebangau Ikut Apel Siaga di Pulang Pisau

Kamis, 04 Maret 2021

Pulang Pisau, 04 Maret 2021. Balai Taman Nasional Sebangau yang diwakili Bapak Suwarto, S.Hut., M.P. Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II di Pulang Pisau mengikuti Apel Gelar Personel dan Sarpras sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi karhutla tahun 2021. Apel digelar di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah yang dipimpin Bapak H. Edy Pratowo, S.Sos.,MM selaku Bupati Pulang Pisau dengan agenda kegiatan simulasi peragaan alat dan prasarana yang mendukung dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Meskipun karhutla hampir terjadi setiap tahun, tahun ini trendnya mengalami penurunan tetapi tetap perlu melakukan pencegahan dengan tujuan kedepannya tidak terjadi lagi membuka lahan dengan cara dibakar. 

Bupati Pulang Pisau menghimbau agar upaya pencegahan karhutla dapat dilaksanakan sedini mungkin dengan melibatkan semua unsur yang ada yaitu TNI, Polri, Manggala Agni, Pemerintah Kabupaten sampai tingkat desa, dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan secara sinergi dan terpadu. Beliau juga melakukan inspeksi kesiapsiagaan sarana dan prasarana, peralatan pemadaman sekaligus mencoba secara langsung mesin pemadam dalam simulasi pemadaman. Dalam gelar peralatan ini setiap instansi turut menurunkan mobil patroli, mobil tangki pemadam, kendaraan roda dua, mesin pemadam serta peralatan tangan.

Pulang pisau merupakan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang memiliki tingkat kerawanan karhutla yang sangat tinggi, memiliki lahan gambut yang sangat luas dan dalam, kedalaman gambut terdalam di kabupaten ini mencapai lebih dari 12 meter, karenanya kesiapsiagaan terhadap bencana karhutla di kabupaten Pulang Pisau terus ditingkatkan untuk mernghadapi musim kemarau 2021 yang menurut BMKG Tahun ini termasuk kemarau basah yaitu kondisi musim kemarau tetapi hujan masih turun hujan dengan intesitas sedang hingga lebat.

Sumber : Tito Surogo - Penyuluh kehutanan Balai Taman Nasional Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini