TN Bukit Baka Bukit Raya Menuju Efektivitas Pengelolaan dengan METT

Sabtu, 08 Juli 2017

Sintang, 08 Juli 2017 - Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya dengan dukungan dari USAID Lestari pada awal bulan Juli ini telah berhasil melaksanakan dengan sukses dua kegiatan sekaligus yaitu “Internal Review Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) Periode 2017 – 2026 Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya” pada tanggal 5 – 6 Juli 2017 dan “Workshop Penilaian Efektifitas Pengelolaan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Secara Partisipatif Tahun 2017”  pada  tanggal 7 – 8 Juli 2017 bertempat di Meeting Room Jasmine Venue Hotel My Home Sintang Kalimantan Barat.

Pada acara “Internal Review Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) Periode 2017 – 2026 Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya” dibuka dan dipimpin langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Bapak Ir. Heru Raharjo, MP., dihadiri oleh Bapak Didik Surjanto (Socio Economic Development Coordinator LESTARI Central Kalimantan) dan Bapak Anwar Purworto (Consultant Programme). Diikuti oleh pejabat struktural, pejabat non struktural dan pejabat fungsional Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Kegiatan ini menghasilkan Draft Dokumen Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) Periode 2017 – 2026 Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya yang didalamnya memuat Visi baru pengelolaan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya  yaitu “Terwujudnya Pemantapan Pengelolaan TNBBBR untuk pemanfaatan jasa lingkungan dan wisata alam secara lestari dan kolaboratif, selaras kearifan lokal serta berlandaskan IPTEK”. Draft ini selanjutnya akan dibahas di dalam Tim Revisi RPJP sebagai bahan konsultasi publik yang direncanakan akan dilaksanakan di akhir Juli 2017di Kab. Kasongan Kalimantan Tengah dan awal Agustus 2017 di Kab. Sintang dan Kab. Melawi Kalimantan Barat.

“Workshop Penilaian Efektifitas Pengelolaan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Secara Partisipatif Tahun 2017”  pada  tanggal 7 – 8 Juli 2017. Workshop ini merupakan langkah evaluasi dua tahunan yang dilakukan untuk melihat sejauh mana pengelolaan TNBBBR telah dilakukan secara efektif dalam mancapai tujuan yang ditetapkan yang sebelumnya sudah tertuang dalam dokumen penilaian METT tahun 2015. Evaluasi ini juga dimaksudkan untuk menjaring masukan dari berbagai pihak sebagai bahan perbaikan pengelolaan yang perlu dilakukan dimasa depan.

Workshop dihadiri oleh pihak Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, BAPPEDA dari Kabupaten Sintang, Perwakilan Mitra (YIARI Indonesia, Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Dan Lingkungan Hidup), Perwakilan Masyarakat Desa sekitar kawasan. Workshop difasilitasi oleh Usaid Lestari, dgn fasilitator sdr. Munawar Kholis dan sdr. Ali Imron.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan dalam workshop ini diketahui telah terdapat peningkatan nilai efektifitas pengelolaan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya untuk Tahun 2016-2017 sebesar 74% dari nilai sebelumnya sebesar 64 %.

Sumber Info : Balai TN Bukit Baka Buki Raya

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

astek
Selamat buat teman2 Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya