Meru Betiri Beri Bantuan Mantan Penebang Liar

Rabu, 03 Maret 2021

Jember, 3 Maret 2021. Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) kembali memberikan bantuan program pemberdayaan masyarakat dengan melakukan penyerahan bantuan bibit Day Old Chicken (DOC) kepada masyarakat Sanenrejo (2/3/21). Bantuan sejumlah 400 DOC ayam kampung diberikan langsung Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Ambulu, Agust Dwiandono kepada Paeman selaku Ketua Kelompok Betiri Sejahtera Lestari (BSL).

Agust menyatakan, bantuan pemberdayaan masyarakat berupa DOC ini menyasar kelompok masyarakat Betiri Sejahtera Lestari (BSL) yang terbentuk dari 16 orang masyarakat yang telah sadar dan berhenti melakukan kegiatan illegal logging.

“Bantuan ini merupakan wujud apresiasi Balai TN Meru Betiri kepada masyarakat yang peduli terhadap kawasan hutan, bahkan beberapa waktu lalu mereka juga menyerahkan chainsaw sebagai bukti keseriusannya berhenti merusak kawasan hutan” ungkap Agust.

Kepala Balai TN Meru Betiri, Maman Surahman menyampaikan bahwa Program alih profesi, lokasi dan komoditi sebagai salah satu upaya mencarikan alternatif pendapatan bagi masyarakat yang mempunyai ketergantungan tinggi  terhadap kawasan.

“Tujuan dari bantuan ini adalah supaya masyarakat mendapatkan solusi ekonomi dan menghentikan pengambilan sumberdaya hutan yang eksploitatif, kemudian berujung pada kerusakan hutan,” ujar Maman.

Maman pun optimis program pemberdayaan masyarakat TN Meru Betiri dengan konsep alih profesi, lokasi, dan komoditi ini akan menjadi solusi yang efektif untuk menghentikan laju deforestasi. Diharapkan saat masyarakat sekitar kawasan sejahtera hutan akan lestari.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini