Serangan Harimau Sumatera di Pelalawan, Seorang Nenek Terluka

Rabu, 03 Maret 2021

Pekanbaru, 3 Maret 2021 - Seorang nenek bernama Simi berumur 67 tahun, warga Desa Tanjung Air Hitam, Kec. Kerumutan, Kab. Pelalawan dikabarkan terluka akibat serangan Harimau Sumatera pada hari Sabtu 27 Februari 2021, pukul 09.00 WIB.

Tim Rescue Bidang KSDA Wilayah I Balai Besar KSDA Riau yang dipimpin Tommy Sinambela melakukan koordinasi dan ikut terjun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) bersama Kapolsek Kerumutan, Iptu Fajri Sentosa dan personilnya untuk melakukan mitigasi.

Segera tim gabungan menemui korban. Berdasarkan keterangan anak korban Jamilus, diketahui bahwa Simi diserang satwa dari arah belakang. Peristiwa ini terjadi saat korban sedang mengambil perangkap ikan di kanal, sedangkan cucunya Habibie yang berumur 20 tahun sedang menderes karet.

Berdasarkan pengamatan Tim dari kesaksian korban yang diberikan, pola serangan satwa diduga bukan Harimau Sumatera. Ditambah berdasarkan informasi lanjutan dari hasil pemeriksaan bidan desa, hanya terlihat benturan benda tumpul, dan tidak ada bekas cakaran. Korban menyampaikan bahwa dia didorong dari belakang lalu jatuh telentang. Saat itu cucunya datang membantu setelah dipanggil oleh korban. Keterangan dari korban dan cucunya, satwa yang terlihat berwarna hitam namun terlihat samar, dan tidak terlihat belang pada bagian muka maupun ekornya, satwa tersebut datang dari arah semak belukar.

Untuk tindakan lebih lanjut, Tim gabungan bersama Kepala Desa Tanjung Air Hitam lakukan olah TKP di kebun karet yang disekitarnya terdapat semak belukar. Jarak lokasi kejadian kurang lebih 500 meter dari rumah korban dan berjarak kurang lebih 18 kilometer dari lokasi SM Kerumutan. Berdasarkan laporan olah TKP, Tidak terlihat bekas jejak atau cakaran satwa yang diduga sebelumnya Harimau Sumatera. Oleh karena itu, Tim akan memasang kamera jebak untuk memastikan jenis satwa yang menyerang. Selain itu, Tim memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak memasang jerat atau umpan, dan tetap berwaspada.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini