Ditemukan Warga Cerenti, BBKSDA Riau Evakuasi Buaya Muara

Minggu, 28 Februari 2021

Pekanbaru, 28 Februari 2021- Petugas Seksi Konservasi Wilayah I, Balai Besar KSDA Riau dipimpin Kepala Resort Bukit Rimbang Baling, bapak Ar Azmi menuju ke Desa Sikakak, Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi untuk menindaklanjuti informasi dari Kapolsek Cerenti tentang adanya masyarakat yang menyerahkan satwa (Buaya Muara) ke Kantor Polsek Cerenti (24/2/21).

Sesampainya di kantor Polsek Cerenti, Tim berkoordinasi dengan Kapolsek untuk melihat kondisi satwa dan melakukan identifikasi dengan informasi Buaya muara berukuran sekitar 1,5 m, diperkirakan berumur 2 s.d 3 tahun dengan jenis kelamin betina dan kondisi relatif sehat (aktif bergerak dan tidak dijumpai luka).

Berdasarkan Informasi yang didapat dari Kapolsek, Kronologi ditemukannya Buaya, adanya warga Sikakak bernama pak Utam yang sedang melihat lukahnya (sejenis bubu untuk mencari ikan). Warga tersebut terkejut dengan adanya seekor Buaya muara yang masuk di dalamnya. Pak Utam langsung mengangkat lukah tersebut ke daratan untuk mengeluarakan dan mengikat Buaya tersebut. Selanjutnya beliau melapor dan menyerahkan satwa tersebut ke pihak Kepolisian Sektor Cerenti. Dan selanjutnya Kapolsek Cerenti segera melaporkan kejadian tersebut kepada Balai Besar KSDA Riau.

Tim menyampaikan terima kasih kepada pihak Kepolisian dan masyarakat khususnya pak Utam yang telah berupaya melakukan penyelamatan satwa dilindungi. Tak lupa Tim juga menghimbau agar masyarakat berhati hati dan waspada jika beraktivitas di lokasi sekitar habitat Buaya.

Karena kondisi fisik satwa yang sehat, Tim langsung melakukan pelepasliaran Buaya ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini