Patroli Maraton Seksi Konservasi Wilayah IV Dumai BBKSDA Riau

Senin, 15 Februari 2021

Pekanbaru, 15 Februari 2021 - Seksi Konservasi Wilayah (SKW) IV Dumai Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan kegiatan patroli maraton  yang dilakukan tanggal 4, 8, 9 dan 11 Februari 2021. Adapun lokasi patroli mandiri dilakukan di area Kelurahan Bukit Timah, Kelurahan Tanjung Palas dan Kelurahan  Mundam.

Selain Staf Seksi dan Resort Dumai, turut serta berpartisipasi dalam patroli mandiri tersebut Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Dumai dan Kelompok Masyarakat (Pokmas).

Rangkaian patroli mandiri dilakukan mulai hari Kamis, 4 Februari 2021. Tim melakukan patroli bersama di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai di Kelurahan Mundam bersama Pokmas setempat. Tim memantau lokasi yang rawan terbakar dan melakukan pengecekan debit air di TWA Sungai Dumai untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Kondisi air tercatat masih tinggi.

Selanjutnya di hari Senin 8 Februari 2021, tim melakukan patroli di wilayah Kelurahan Bukit Timah. Di Jalan Pomproy telah ditemukan sebuah area yang sudah mengering akibat hasil semprotan yang diduga akan dijadikan lahan perkebunan. Lokasi tersebut rawan akan terjadinya kebakaran, namun sepanjang penelurusan dilapangan, tim tidak menemukan pelaku di lokasi.

Patroli kembali dilanjutkan di hari Selasa, 9 Februari 2021. Kali ini tim menyisir area Kelurahan Tanjung Palas Kampung Sri Pulau. Tim melakukan pengecekan lokasi aktivitas alat berat yang sudah diberikan peringatan sebelumnya. Dari hasil penyisiran, tidak ditemukan jejak ataupun aktivitas alat berat. Namun dilokasi terdapat beberapa tanaman kelapa sawit yang sudah di tanam. Terhadap  tanaman sawit tersebut akan dilakukan pemusnahan.  

Kamis, 11 Februari 2021, Tim melakukan patroli di Jalan Batu Bintang, Kelurahan. Tanjung Palas untuk memantau lokasi bekas terbakar pada tahun 2018.

Secara keseluruhan hasil patroli di lokasi TWA Sungai Dumai masih aman dari titik api. Dalam patroli mandiri tersebut, tak lupa tim melakukan pemasangan rambu-rambu kawasan di lokasi dan selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang dijumpai untuk ikut mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, turut menjaga kawasan dari aktifitas perambahan dan illegal logging agar kawasan tetap lestari.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini