Resort Kerumutan Selatan BBKSDA Riau Mitigasi Konflik Satwa Liar Beruang Madu

Senin, 15 Februari 2021

Pekanbaru, Senin 15 Februari 2021 – Petugas Resort Kerumutan Selatan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menerima laporan adanya aktivitas beruang madu di PT Regunas Agri Utama Peranap, Indragiri Hulu pada tanggal 9 Februari 2021. Petugas pun segera bergegas ke lokasi untuk menindaklanjuti laporan tersebut.

Tiba di lokasi, Tim berkoordinasi dengan pihak perusahaan dan segera melakukan identifikasi. Hasil identifikasi dilapangan, ditemukan adanya jejak, bekas cakaran serta kotoran dari jenis satwa beruang madu. Menurut keterangan seorang karyawan, satwa berjumlah 2 ekor, yang diduga kuat merupakan induk dan anak. Karyawan tersebut pernah melihat secara langsung satwa beruang madu sebanyak dua kali yaitu pada tanggal  5 dan 6 Februari 2021 di lokasi yang berbeda.

Diduga beruang madu tersebut keluar dari sarangnya dikarenakan terdapat gangguan pada lahan semak belukar yang ditinggalinya. Lahan itu sebelumnya sudah lama tidak diolah pemiliknya namun saat ini sedang terdapat pekerjaan menggunakan alat berat excavator dimana lokasi lahan dimaksud berdampingan dengan area PT Regunas Agri Utama Peranap.

Pada kesempatan itu pula, Tim Resort melakukan sosialisasi kepada karyawan perusahaan PT Regunas Agri Utama perihal satwa beruang madu berikut cara menghindari konflik dengan satwa tersebut. Termasuk salah satunya tidak melakukan aktifitas seorang diri dan untuk sementara melarang aktifitas malam hari di sekitar lokasi. Tak lupa Tim juga meminta pihak perusahaan untuk bekerjasama memantau keberadaan satwa beruang madu ataupun satwa liar dilindungi lainnya, agar nantinya dapat segera mengambil langkah yang tepat untuk menghindari terjadinya konflik antara manusia dan satwa liar.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini