Pelaku Illegal Logging Sadar, Serahkan Chainsaw ke Balai TN Meru Betiri

Senin, 08 Februari 2021

Jember, 8 Februari 2021. Bentuk ancaman terbesar dalam pelestarian kawasan Taman Nasional (TN) Meru Betiri adalah kegiatan ilegal logging yang biasanya dilakukan oleh oknum masyarakat yang berasal dari sekitar kawasan. Untuk mencegah dan mengurangi kegiatan ilegal logging ini Balai TN Meru Betiri telah melakukan berbagai cara  diantaranya adalah anjangsana, penyuluhan dan sosialisasi. Selain itu beberapa kegiatan lain yang dilakukan adalah pemberdayaan masayarakat di sekitar kawasan melalui berbagai macam bentuk kegiatan agar masayarakat dapat mencapai kesejahteraan melalui alih profesi, alih lokasi, dan alih komoditi. Harapannya dengan masyarakat yang sejahtera maka hutan di kawasan TN Meru Betiri akan lestari.

Hasil nyata yang berhasil dicapai dari kegiatan pada hari Senin tanggal 8 februari 2021 di Kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Ambulu, salah satu oknum pelaku ilegal logging yang berasal dari Desa Sanenrejo dengan niat dan kesadaran sendiri menyatakan untuk berhenti dalam aktivitas illegal logging di kawasan TN Meru Betiri. Oknum tersebut membuktikan komitmennya dengan menyerahkan satu buah gergaji mesin (Chainsaw) yang didampingi oleh Kepala Resort Sanenrejo dan Aparat Pemerintah Desa Sanenrejo kepada pihak Balai TN Meru Betiri yang diterima langsung oleh Kepala Balai TN Meru Betiri, Maman Surahman.

Bahrudin Selaku Kepala Resort Sanenrejo menerangkan bahwa Resort Sanenrejo telah melakukan pendekatan dan penyuluhan kepada masayarakat ini secara rutin, baik secara informal maupun semi formal pada setiap kesempatan agar masyarakat turut serta menjaga dan melestarikan hutan TN Meru Betiri.

“Ini adalah hasil kerja nyata petugas yang ada di SPTN Wilayah II Ambulu, khususnya yang berada di Resort Sanerejo, semoga akan lebih banyak lagi oknum masyarakat yang akan sadar dan berkomitmen untuk ikut melestarikan TNMB melalui kegiatan-kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan oleh Balai TN Meru Betiri,” kata Maman.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini