BKSDA Kalteng Bersama Mitra Akan Lepasliarkan 7 Individu Orangutan

Senin, 08 Februari 2021

Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah, 8 Februari 2021. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah bersama Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) hari ini akan kembali melepasliarkan 7 individu orangutan dari Pusat Rehabilitasi Orangutan di Nyaru Menteng ke Hutan Lindung Bukit Batikap di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah pada tanggal 11 Februari 2021.

Ketujuh orangutan yang akan dilepasliarkan terdiri dari 5 jantan dan 2 betina, dan di antara mereka, ada sepasang ibu-anak. Terakhir kali, kerja sama antara BKSDA Kalimantan Tengah dan Yayasan BOS melepasliarkan orangutan tepat setahun lalu.

Handi Nasoka, S.Hut. Plt. Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah menyambut baik upaya pelepasliaran ini dengan mengatakan, “Upaya pencegahan penyebaran virus korona COVID-19 telah menghambat pelaksanaan banyak sekali kegiatan terkait upaya konservasi terutama di Kalimantan Tengah. Saya menyambut baik upaya teman-teman di Yayasan BOS yang telah berusaha menyusun dan menerapkan protokol dan prosedur baru untuk mencegah terjadinya penyebaran virus COVID-19, baik di tengah masyarakat maupun di populasi satwa liar. Kami di BKSDA Kalimantan Tengah akan terus berkomitmen memastikan upaya konservasi satwa liar terus berjalan bahkan di saat pandemi belum berakhir.”

Hutan Lindung Bukit Batikap yang berada di Kabupaten Murung Raya terletak jauh dari Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng. Perjalanan darat dan sungai yang biasa kami lakukan untuk mencapai situs pelepasliaran tersebut memakan waktu 3 hari 2 malam. Oleh karena itu, Yayasan BOS kali ini mengusahakan pelepasliaran orangutan menggunakan jalur darat dan udara. dengan menggunakan helikopter, waktu perjalanan bisa dipangkas hanya menjadi beberapa jam saja.

Dari Nyaru Menteng, tim pelepasliaran akan membawa orangutan via jalan darat sampai ke Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas. Sebuah helikopter akan menanti di sana, dan menerbangkan kandang transport orangutan dan kru yang bertugas langsung dari Kuala Kurun ke titik-titik rilis di jantung Hutan Lindung Bukit Batikap.

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini