Peningkatan SDM Pemegang Senjata Balai TN Ujung Kulon

Senin, 01 Februari 2021

Labuan, 1 Februari 2021. Guna meningkatkan keterampilan dan kompetensi petugas dilapangan, perlu memiliki keterampilan dalam penguasaan senjata api dalam tugas kesehariannya dalam melakukan upaya perlindungan dan pengamanan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Balai Taman Nasional Ujung Kulon siap memberikan pengetahuan atau skill melalui beberapa cara, baik itu dalam bentuk pelatihan, penyegaran ataupun bentuk lainnya, agar tenaga pengamanan hutan tersebut mempunyai 3 (tiga) hal penting dalam bidang pengetahuan, peningkatan skill dan pengembangan sikap yang lebih baik.

Bertempat di Batalyon Infantri (Yonif) 320 Badak Putih-Pandeglang, Balai TN Ujung Kulon bekerjasama dengan Yonif 320 Badak Putih - Pandeglang dan PERBAKIN Pandeglang mengadakan pelatihan menembak bagi 40 (empat puluh) orang pegawai pemegang senjata Balai TN Ujung Kulon dengan tetap mengikuti prosedur kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran covid-19.

Pelatihan pada tanggal 30 s/d 31 Januari 2021 ini bertujuan untuk penyegaran pengetahuan mengenai tata cara atau prosedur penggunaan, penyimpanan, pemeliharaan dan pengamanan senjata api dinas, juga untuk meningkatkan semangat kerja, jiwa korsa dan kebersamaan dalam pelaksanaan tugas perlindungan hutan. Berbagai teori dan praktek diberikan oleh instruktur, diantaranya adalah teori mengenai tata cara penggunaan senjata, akurasi dalam membidik sasaran, serta perawatan senjata api. Disamping itu pula praktek menembak menjadi hal penting dalam pelatihan tersebut, dimana masing-masing petugas melakukan uji coba menembak dengan senjata pegangan masing-masing ke sasaran tembak yang sudah disiapkan.

Pelatihan menembak ini diakhiri dengan dilakukannya ujian praktek bagi seluruh peserta pelatihan, untuk ujian laras panjang dilakukan sebanyak 30 kali tembakan dengan posisi tiarap sebanyak 10 kali tembakan, posisi berdiri sebanyak 10 kali tembakan dan posisi jongkok sebanyak 10 kali tembakan, begitu juga untuk senjata laras pendek.

Sumber : Balai Taman Nasional Ujung Kulon

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini