Balai TN Bunaken Giatkan Upaya Penanganan Sampah Sejak Awal Tahun 2021

Minggu, 31 Januari 2021

Manado, 30 Januari 2021. Dengan suasana perairan yang teduh diakhir bulan Januari 2021 (30/1), sebanyak 425 karung sampah yang terkumpul berhasil ditranfer dari Pantai Liang Pulau Bunaken. Sampah yang terkumpul umumnya botol plastik diangkut bertahap dengan perahu ke daratan lalu di bawa ke TPA Kota Manado.

Frans Motto, Kepala Resort Balai Taman Nasional Bunaken mengatakan "Sangat prihatin seperti tradisi tahunan, cuaca ekstrim di Sulawesi Utara umumnya dan Manado khususnya menjelang akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021 di perairan Bunaken banyak mendapatkan kiriman sampah. Kami dengan Pemerintah Kecamatan Bunaken Kepulauan terus berusaha dan bekerja keras untuk menangani sampah yang masuk kawasan perairan Bunaken".

"Dari 425 karung itu terdapat 150 karung besar dengan rata-rata berat 10 kg dan 275 karung kecil dengan rata-rara berat 5 kg, jadi kalau di total lebih dari 2.800 kg yang kami angkut ke TPA di Manado. Kami bersyukur tim Balai Taman Nasional Bunaken bersama-sama dengan Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Kecamatan Bunaken dibantu dengan masyarakat, kawan-kawan pemerhati lingkungan dari dive guide, pedagang cinderamata membatu upaya penanganan sampah ini" tambah Frans. 

Senada disampaikan Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Genman Hasibuan bahwa Bunaken itu unik, pulau yang menyerupai huruf U menjadi maskot pariwisata selam Sulawesi Utara dan bahkan dunia.  Genman menyatakan "Selama masa pandemi dalam upaya tetap melestarikan terumbu karang, pembersihan sampah di perairan dan daratan tetap kami lakukan. Tentunya koordinasi dan kerjasama lintas sektor khususnya masyarakat dan Pemerintah Daerah terus kami lakukan dalam upaya penanganan sampah yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bunaken".

Genman juga menambakan "Secara ekologi, sampah plastik yang menutupi terumbu karang dapat mati karena tidak mendapatkan sinar matahari. Sangat disayangkan bila pertumbuhan karang yang lambat antara 1 - 10 mm per tahun sebagai penyedia jasa lingkungan terhambat karena sampah. Tahun 2020 lalu kami mengajak instruktur berpengalaman dari Bank Sampah CELSS Minahasa Utara melakukan pelatihan kepada masyarakat penyangga kawasan Taman Nasional untuk mengolah sampah yang umumnya plastik menjadi sesuatu yang bernilai, dengan begitu sampah yang telah dibersihkan dan digunakan kembali (reuse) menjadi beraneka macam produk".

"Kami berharap dengan penanganan yang baik dari hulu sampai ke hilir dapat meminimalisir masuknya sampah dalam kawasan, kami akan tetap terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk mengatasi masalah ini" tutup Genman.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini