Bersama MMP SM Sermo, Petugas Resort Kulon Progo Evakuasi Pohon Tumbang

Kamis, 28 Januari 2021

Yogyakarta 27 Januari 2021. Musim penghujan dengan intensitas tinggi yang tengah berlangsung saat ini memberikan dampak terhadap kemungkinan terjadinya pohon tumbang termasuk juga di kawasan Suaka Margasawa (SM) Sermo. Kawasan yang merupakan eks Hutan Produksi di DIY ini berlokasi di Kokap Kulonprogo dengan keberadaan jalan kabupaten yang membelah kawasan dantelah ada sejak sebelum kawasan ditunjuk menjadi suaka margasatwa.

Di pertengahan Bulan Januari ini,  4 (empat) orang petugas Resort Konservasi Wilayah (RKW) Kulon Progo Balai KSDA Yogyakarta bersama-sama dengan  3 (tiga) anggota Masyarakat Mitra Polhut (MMP) SM Sermo melakukan evakuasi pohon tumbang yang ditemukan di dalam kawasan. Evakuasi segera dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakan atau korban masyarakat yang melintasi kawasan SM Sermo tersebut.

Kejadian pohon tumbang berada di 4 (empat) titik blok perlindungan eks petak 23 dan 24, dengan jenis pohon pinus dan akasia. Untuk jenis pinus mengingat kondisi pohon sudah rusak sehingga pengamanan pohon tumbang dilakukan di sekitar tempat pohon itu tumbang dan di jurang sekitar SM Sermo. Sementara itu untuk jenis akasia, diamankan di pos jaga gemulung.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi mengingatkan anggota resort di lapangan untuk melakukan patroli kawasan mengantisipasi dampak yang ditimbulkan dari pohon tumbang di kawasan. “Kawasan SM Sermo yang terdapat pohon-pohon tua dan lapuk perlu di identifikasi dengan cermat, terlebih lagi jika lokasinya berada di sekitar akses jalan yang dilalui masyarakat. Jangan sampai kejadian pohon tumbang membahayakan masyarakat sekitar kawasan tersebut. Untuk itu saya minta personil Resort Konservasi Wilayah Kulon Progo dapat bekerjasama dengan masyarakat sekitar mewaspadai kemungkinan pohon tumbang akibat intensitas hujan yang tinggi dan angin yang kencang.” Tutup M. Wahyudi.

Sumber : Purwanto - Pohut Balai KSDA Yogyakarta

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini