Pesona Jamur Biru CA Morowali

Jumat, 08 Januari 2021

Palu, 8 Januari 2020. Cagar Alam (CA) Morowali, salah satu dari sekian banyak kawasan konservasi yang berada di wilayah kerja Balai KSDA Sulawesi Tengah, menyimpan begitu banyak keindahan dan pesonanya. Salah satunya adalah si Jamur Biru. Jamur Biru dengan nama latin Mycena interrupta ini adalah salah satu spesies jamur langka yang jarang ditemui. Mycena interrupta umumnya dikenal sebagai pixie's parasol. Meskipun memiliki warna-warna cerah, tetapi tidak seperti spesies Mycena lainnya yang bioluminescent (bercahaya), Mycena interupta tidak mengeluarkan cahaya sendiri. Dengan karakteristik berwarna biru cerah selama periode bibit, dan perlahan-lahan akan memudar sedikit demi sedikit selama proses pertumbuhan.

Bagi para pengunjung yang pernah melakukan penelitian maupun ekspedisi ke Cagar Alam Morowali khususnya yang melewati jalur trek pendakian Gunung Tambusisi, spesies Jamur Biru ini sering mereka jumpai.

Jadi, bagi para sahabat konservasi yang penasaran untuk meneliti dan melihat langsung si Jamur Biru ini maka segeralah buat SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Tengah di Palu, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yah.

Sumber : LaOde Rahman - Polhut Balai KSDA Sulawesi Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini