BBKSDA Riau Evakuasi Buaya Senyulong Hasil Info dari Sekda Pencing Bekulo

Kamis, 31 Desember 2020

Pekanbaru, 31 Desember 2020 – Petugas Resort Dumai dan Resort Duri, Balai Besar KSDA Riau, melakukan evakuasi satwa liar Buaya di Desa Pencing Bekulo, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak pada Senin, 28 Desember 2020.

Berawal dari laporan Sekretaris Desa Pencing Bekulo, bapak Sukardi bahwa telah ditangkap satwa Buaya oleh masyarakat. Satwa tersebut ditangkap di kanal kecil yang berada tidak jauh dari pemukiman masyarakat. Diperkirakan Buaya masuk ke kanal pada saat banjir. Hasil pengecekan lokasi, kanal tersebut mengarah ke aliran Sungai Mandau sekitar sejauh 4 km.

Berdasarkan hasil identifikasi, jenis satwa adalah Buaya Senyulong (Tomistoma schlegelii), dengan panjang 360 cm dan lebar 45 cm serta jenis kelamin jantan dalam kondisi sehat. Petugas segera mengevakuasi Buaya untuk dilepasliarkan ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk agar terhindar dari konflik dengan manusia.

Terima kasih banyak kepada Sekdes Desa Pencing Bekulo, bapak Sukardi dan masyarakat Desa Pencing Bekulo, Kec. Kandis, Kab. Siak karena tidak anarkis terhadap satwa dilindungi.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini