Antisipasi Konflik, BBKSDA Sumut Pasang Papan Peringatan Daerah Rawan Buaya

Sabtu, 26 Desember 2020

Petugas Bidang Konservasi Wilayah III Padangsidempuan Memasang Papan Peringatan

Danau Siais, 23 Desember 2020. Buaya muara (Crocodylus porosus) merupakan salah satu satwa liar yang hidup di daerah muara sungai, termasuk diantaranya muara sungai Batangtoru dan danau Siais di Kelurahan Rianiate, Kec. Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan. Kedua lokasi ini pun menurut pantauan/pengamatan  petugas  di lapangan, ternyata menjadi habitatnya buaya Muara tersebut, yang sewaktu-waktu dapat mengancam warga yang menggunakan/memanfaatkan sungai Batangtoru dan danau Siais untuk kegiatan/aktifitas sehari-hari.

Atas pertimbangan tersebut, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang Konservasi Wilayah III Padangsidempuan pada Jumat, 18 Desember 2020, bekerjasama dengan Yayasan Scorpion dan masyarakat melakukan pemasangan papan peringatan lokasi rawan buaya sepanjang jalan pinggiran danau Siais, Kelurahan Rianiate Kec. Angkola Sangkunur Kab. Tapanuli Selatan. Sekitar enam titik lokasi yang dipasang papan peringatan agar masyarakat  berhati-hati ketika sedang beraktivitas di sekitaran danau tersebut.

Pemasangan papan peringatan ini dimaksudkan sebagai bentuk edukasi dan penyadaran sekaligus langkah pencegahan sebelum konflik terjadi, sehingga sedini mungkin konflik dapat diantisipasi/dihindari oleh masyarakat.

Sumber : Bidang Konservasi Wilayah III Padangsidempuan - Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini