Tingkatkan Pelayanan Jelang Libur Nataru, Balai TN Bunaken Siaga Prokes

Selasa, 22 Desember 2020

Manado, 22 Desember 2020. Menjelang akhir tahun 2020, Balai Taman Nasional (TN) Bunaken gelar briefing antisipasi lonjakan pengunjung saat cuti bersama Natal dan Tahun Baru 2021 sebagai upaya prima pelayanan pengunjung di ruang rapat Balai (22/12). Seluruh jajaran struktural, petugas lapangan Koordinator Resort, Polhut, PEH dan seluruh pegawai mendapatkan pengarahan langsung dari Kepala Balai Bapak Genman S. Hasibuan, S.Hut, MM. 

Prediksi menjelang libur dan cuti bersama Natal dan Tahun 2021 bahwa akan terjadi peningkatan jumlah kunjungan ke kawasan TN Bunaken, walaupun kondisi cuaca akhir tahun secara umum terdapat perubahan dari angin dan gelombang laut. Sejak reaktivasi pembukaan wisata, jumlah kunjungan terus mengalami peningkatan, sejauh ini per tanggal 22 Desember 2020, jumlah pengunjung mencapai 6.440 orang yang didominasi oleh wisatawan nusantara.

"Protokol kesehatan atau Prokes wajib dilaksanakan di pintu-pintu masuk kunjungan, utamanya di pintu masuk Liang Pulau Bunaken seperti alat pedeteksi suhu, tempat cuci tangan bagi pengunjung serta pelayanan tiket masuk untuk wisatawan dan tetap menjaga jarak untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19" kata Genman. 

"Selain itu, mengingat di akhir tahun perubahan cuaca, gelombang dan angin dalam kawasan akan meningkatkan volume sampah di beberapa titik destinasi utama wisata seperti Pantai Liang maka akan dilakukan pembersihan secara rutin disetiap pagi oleh petugas dibantu masyarakat" tambah Genman.

Balai TN Bunaken akan menempatkan petugas lapangan dengan penjadwalan piket dalam kegiatan pelayanan pengunjung dan bersih sampah di titik destinasi wisata. Semua jajaran diperintahkan untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah daerah dan aparat lainnya yang terkait termasuk masyarakat ditingkat lapangan dalam kegiatan pelayanan pengunjung dan antisipasi meningkatnya volume sampah. Seluruh petugas wajib mematuhi protokol dan kesehatan, serta  dilakukan pemeriksaan Rapid Antigen sebelum melaksanakan tugas lapangan.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini