Dukungan Desa Air Sempiang Untuk Wisata di TWA Bukit Kaba

Selasa, 22 Desember 2020

Bengkulu, 22 Desember 2020 - Taman Wisata Alam Bukit Kaba dengan luas 14.650,5 Ha yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Rejang Lebong. Saat ini wisata utama yang disajikan yaitu destinasi wisata alam berbasis fenomena vulkanis berupa kawah hidup dan kawah mati dan untuk menuju tempat tersebut bisa diakses melalui pintu masuk yang berada di Desa Sumber Urip Kec. Selupu Rejang Kab. Rejang Lebong. Sedangkan di kawasan TWA Bukit Kaba ini masih banyak potensi lain yang belum banyak diketahui para traveler dan sangat menjual, di antaranya terdapat beberapa air terjun dan air panas/hot spring yang lokasinya sebagian besar berada di wilayah Kab. Kepahiang. Namun sarana prasarana pendukungnya belum tersedia, seperti pintu masuk, jalur tracking, shalter, dll.

 

Desa Air Sempiang Kec. Kabawetan Kab. Kepahiang merupakan desa penyangga yang berbatasan langsung dengan kawasan mendukung untuk dikembangkannya potensi wisata yang berada wilayah Kab. Kepahiang. Dukungan tersebut direalisasikan dengan dihibahkannya lahan milik desa seluas 0,8 Ha untuk dapat dimanfaatkan dalam pembangunan sarpras pendukung sebagai pintu akses masuk ke destinasi-destinasi wisata tersebut. Dan pada senin siang Kepala Desa Air Sempiang secara resmi menghibahkan lahan milik desa kepada Balai KSDA Bengkulu melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah I.

Dengan dukungan dan pengembangan wisata TWA Bukit Kaba ke depannya diharapkan dapat meningkatkan PNBP dan meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan dari sektor wisata.

 

Sumber: Balai KSDA Bengkulu-Lampung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini