Libatkan Masyarakat, Salah Satu Kunci Pengelolaaan TN Kerinci Seblat

Kamis, 17 Desember 2020

Tapan, 17 Desember 2020. Tindak lanjut dari arahan Menteri LHK RI dan Dirjen KSDAE, bahwa pengelolaan hutan harus menjadikan masyarakat sebagai subjek dan melibatkan stakeholder terkait, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) berkerjasama dengan Aparat Penegak Hukum (Polri, TNI dan Pihak Kecamatan) melakukan kegiatan sosialisasi pengelolaan TNKS sebagai upaya menjadikan masyarakat sadar hukum khususnya terkait dengan peraturan bidang Kehutanan. Tak hanya permasalahan – permasalahan lapangan yang harus diselesaikan dengan upaya pendekatan kepada masyarakat tetapi penegakkan hukum menjadi alternatif terakhir. Selain itu, Balai Besar TNKS terus mendorong masyarakat untuk melakukan kerjasama melalui kemitraan konservasi.

Kepala BPTN Wilayah II Sumbar (Ahmad Darwis, S.Hut, M.Si) berharap agar masyarakat terlibat aktif dalam upaya pelestarian kawasan hutan TNKS, dan tidak ada lagi melakukan aktifitas ilegal ke dalam kawasan TNKS (Pembukaan kawasan hutan dan Illegal Logging), hal ini sebagai antisipasi terjadi dampak buruknya terhadap alam dan lingkungan sekitar kita.

Sosialisasi dilaksanakan di Kecamatan Ranah IV Hulu Tapan ini dihadiri 30 orang, yang terdiri dari Perangkat Kecamatan, Perangkat Nagari dan Tokoh Masyarakat. Hadir sebagai narasumber dari kegiatan ini adalah Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah II Sumatera Barat, Kapolsek BAB Tapan, Koramil Tapan, dan Polisi Kehutanan. Kegiatan ini didukung oleh Pemegang Izin Usaha Pemanfaatan Energi Air dalam kawasan TNKS PT. Brantas Cakrawala Energi, sebagai bentuk keterlibatan pemegang izin dalam upaya pelestarian kawasan TNKS.

Dalam kesempatan ini, Camat Rahul (Alamsyah) memberi apresiasi pengelola TNKS atas kegiatan ini serta upaya-upaya dalam melibatkan masyarakat dalam pengelolaan TNKS. Termasuk pada tahun ini pihak BBTNKS juga telah memberikan bantuan berupa peralatan wisata alam merupakan wujud TNKS dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar TNKS dan mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan dalam membuka destinasi wisata baru. Selain itu, Camat juga meminta kepada Para Wali Nagari yang hadir untuk mengoptimalkan dana Desa untuk peningkatan ekonomi dan upaya pelestarian lingkungan hidup. Kepada tokoh masyarakat yang hadir Camat mengharapkan agar bisa menyampaikan informasi-informasi pengelolaan TNKS kepada masyarakat sehingga tidak ada lagi masyarakat yang melanggar peraturan terkait perlindungan dan pelestarian kawasan TNKS.

Sumber :
- Rika Putra Abbas, Polhut Pelaksana Lanjutan SPTN Wilayah III
- Humas Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini