TN Meru Betiri Kembali Jadi Contoh Pemberdayaan Masyarakat

Kamis, 17 Desember 2020

Jember, 16 Desember 2020. Balai Taman Nasional (TN) Meru Betiri kembali mendapatkan kunjungan studi banding terkait pemberdayaan masyarakat, kali ini dari Kelompok Masyarakat Mekar Sari Dusun Sumbersari Desa Cowek Kec Purwodadi Kab Pasuruan sebanyak 30 orang yang merupakaan binaan  Balai Besar KSDA Jawa Timur. Studi banding ini dilaksanakan di kelompok Masyarakat binaan TN Meru Betiri SPKP Multi Kreasi Sejahtera Desa Kebonrejo, Kalibaru, Banyuwangi dan Kelompok Budi daya Jamur Zahra Ambulu Jember.

Agenda kegiatan ini yaitu melihat secara langsung pengolahan kopi Oceano produk SPKP Multi Kreasi menjadi beberapa varian kopi bubuk jenis robusta, arabica dan wine. Selain itu peserta studi banding juga mengamati diversifikasi produk olahan Jamur berupa nugget jamur dan sate jamur. Peserta mengaku sangat antusias dalam kegiatan ini dan dapat menjadi proses pembelajaran untuk pengembangan kelompok meraka.

“Kami sangat senang dapat ikut belajar dan berbagi pengalaman dengan kelompok masyarakat di TN Meru Betiri, semoga setelah kegiatan ini kami dapat mencontoh keberhasilan teman-teman disini di kelompok kami nanti.” Ungkap Santoso, Ketua Pokmas Mekar Sari.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan TN Meru Betiri memberikan dampak positif peningkatan perekonomian masyarakat sekitar kawasan, sehingga dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kawasan hutan.

Penerapan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) juga diterapkan dalam kegiatan ini sehingga mekanisme pembelajaran dibagi menjadi 2 kelompok untuk mengurangi kerumunan.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini