Patroli Smart RBM Ke Suaka Margasatwa Kerumutan

Selasa, 08 Desember 2020

Pekanbaru, 8 Desember 2020 – Pada Tanggal 2 Desember 2020, para Petugas Resort Kerumutan Utara (Teluk Meranti) Balai Besar KSDA Riau turun melakukan Patroli SMART RBM (perairan) dalam rangka perlindungan dan pengamanan kawasan konservasi SM. Kerumutan, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan melalui sungai Kerumutan, dengan menggunakan perahu motor (ketinting).

Tim melakukan pemantauan di sepanjang aliran sungai Kerumutan, tepatnya di sungai Buluh dan sungai Kempas. Tim tidak menemukan aktivitas illegal di sungai tersebut. Tim beristirahat untuk menginap di salah satu pondok nelayan diantara sungai Buluh dan Kelantan sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat nelayan yang berada di pondok tersebut. Tim juga mensosialisasikan tentang SM Kerumutan dan peraturan perundangan yang terkait kepada nelayan yang saat itu ada di Sungai Kelantan.

Keesokan harinya perjalanan dilanjutkan menuju sungai Kelantan untuk memeriksa bekas jalan penebangan liar (jalan ongkak) di pinggir sungai tersebut. Tim hanya menemukan bekas kayu olahan yang lama dan tidak melihat adanya tanda-tanda baru aktivitas penebangan liar.

Tim juga memeriksa kondisi papan informasi kawasan, dan berada dalam keadaan baik meskipun saat itu banjir. Pengamanan kawasan seperti ini rutin dilakukan petugas lapangan untuk menjaga kawasan hutan konservasi lingkup Balai Besar KSDA Riau.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini