Transplantasi Terumbu Karang di TN Teluk Cenderawasih Bersama “Mama Ira” dan “Somus”

Rabu, 25 November 2020

Manokwari, 24 November 2020. Kegiatan transplantasi terumbu karang dilakukan di zona rehabilitasi Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC), perairan pulau Apimasum Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah V Rumberpon, Kabupaten Teluk Wondama pada Sabtu 21 November, bersama kelompok masyarakat “Mama Ira” dan “Somus”. Transplantasi ini untuk mengembalikan fungsi ekologis ekosistem terumbu karang yang sebagian besar rusak karena aktivitas manusia

Transplantasi karang dilakukan dengan mengikat bibit karang di media rangka besi berbentuk mirip jaring laba-laba. Media yang telah berisi bibit karang kemudian diletakkan di perairan pulau Apimasum. Sebagai uji coba, transplantasi dilakukan pada empat buah media rangka yang berisi 80 bibit karang. Metode transplantasi ini baru digunakan di TNTC, sebelumnya digunakan metode substrat semen atau conblock dan rock pile di lokasi yang sama.

Selanjutnya pemeliharaan menjadi faktor yang sangat penting yaitu dengan selalu membersihkan transplan karang dan lingkungan sekitarnya. Transplan karang harus dibersihkan dengan menyikat algae atau lumut yang melekat pada substrat karang.

Secara alami, karang dan biota lain yang hidup di dalam terumbu karang mempunyai daya revitalisasi dan regenerasi yang tinggi. Jika kerusakan karang terjadi pada tempat-tempat yang kondisi perairannya masih baik tidak perlu dilakukan direhabilitasi. Terumbu karang akan dapat memulihkan diri sendiri.

Namun yang terpenting adalah menjaga jangan ada gangguan selama proses regenerasi. Keterlibatan kelompok masyarakat dalam kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran menjaga dan memperbaiki lingkungannya.

Sumber : Nur Asni Puspita Sari - PEH dan Yoel Suranta Bangun, S.Pi, Penyuluh Kehutanan Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini