LIPI Teliti Keanekaragaman Flora TN Meru Betiri

Jumat, 13 November 2020

Jember, 13 November 2020 - Potensi biodiversity TN. Meru Betiri telah cukup dikenal dikalangan peneliti, dosen dan mahasiswa khususnya di Propinsi Jawa Timur. Keanekaragaman jenis flora TN. Meru Betiri telah menarik Tim Peneliti dari Kebun Raya Purwoadai LIPI untuk melakukan eksplorasi dan penelitian di hutan Meru Betiri. Kegiatan ini menjadi ajang transfer ilmu dari pakar tumbuhan kepada petugas TN. Meru Betiri terutama PEH. Penelitian telah dilakukan sejak tanggal 2 - 13 November 2020 di wilayah Resort Bandealit SPTN II Ambulu.

Penelitian ini menghasilkan informasi bahwa pada saat ini merupakan musim berbuah bagi 29 jenis tumbuhan di Resort Bandealit antara lain Casearia flavovirens, Ficus racemosa, Hyptis rhomboidea, Bidens pilosa, Mallotus mollissimus, Lithocarpus dan lain sebagainya. Casearia flavovirens merupakan tumbuhan endemik Jawa dan Bali dengan status Vulnerable menurut data IUCN.

Kegiatan penelitian ini juga memperoleh data pertumbuhan seedling di lantai hutan Meru Betiri dari 6 jenis tumbuhan yaitu Diospyros sp, Elateriospermum sp, Pyrrosia sp, Chydenanthus excelsus, Shorea javanica dan Asplenium sp. Shorea javanica termasuk kategori endangered species menurut data IUCN dengan populasi yang terus menurun. Informasi keberadaan jenis-jenis flora di kawasan konservasi sangat penting untuk menjaga kelestarian pecies dari ancaman kepunahan. Semoga kawasan hutan Meru Betiri dapat menjadi tempat yang aman bagi kehidupan flora dan fauna.

 

Sumber: Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini