Tim Patroli BBKSDA Riau Temukan Kayu Cerocok di SM Kerumutan

Kamis, 12 November 2020

Pekanbaru, 12 November 2020 – Petugas Resort Kerumutan Selatan (Pekanheran) Balai Besar KSDA Riau melakukan kegiatan Patroli Perlindungan dan Pengamanan dengan mekanisme Patroli SMART RBM (Perairan) di dalam kawasan Suaka Margasatwa Kerumutan bagian selatan yang terdapat di Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu pada Selasa (10/11). Petugas Resort melakukan patroli melalui Sungai Sengkayan yang terdapat di Desa Kampung Pulau.

Di aliran sungai Sengkayan, Tim menemukan sisa-sisa dan bekas tempat muat bongkar kayu cerocok di pinggir sungai. Berdasarkan penelusuran informasi, kayu cerocok biasa dipakai masyarakat untuk keperluan berkebun, menangkap ikan, serta pelantar. Namun, saat pelaksanaan patroli tidak terdapat masyarakat di sekitar lokasi tersebut.

Tim melanjutkan perjalanan menuju ke kawasan SM. Kerumutan wilayah selatan, melalui Sungai Batang Rengat dan masuk ke Sungai Mengkuang kemudian menyelusuri Sungai Tetual.

Sungai Tetual merupakan anak sungai Mengkuang yang berada di dalam kawasan  SM. Kerumutan. Kondisi air Sungai Tetual yang sedang dangkal dan tidak bisa dilalui perahu motor, maka Tim melanjutkan patroli dengan berjalanan kaki menyisir ke dalam kawasan hutan. Tim menemukan bekas jalan ongkak, tetapi tidak menjumpai adanya kayu bekas illegal logging maupun aktivitas masyarakat di dalam kawasan tersebut.

Tim selalu menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang dijumpai saat patroli untuk tidak melakukan aktivitas di dalam kawasan konservasi dan mengharapkan agar mereka ikut berperan dalam pengamanan dan pelestarian Suaka Margasatwa Kerumutan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini