Balai TN Batang Gadis Kenalkan Kemitraan Konservasi di Desa Aek Ngali

Senin, 09 November 2020

Panyabungan, 9 November 2020. Balai Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) malaksanakan kegiatan sosialisasi Kemitraan konservasi di Desa Aek Ngali, Kecamatan Panyabungan Barat, Jumat (6/11). Kegiatan dihadiri Kepala Desa Aek Ngali Saleh Nasution, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNBG Bobby Nopandry, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Siabu Bapak Tri Azhari Helmi dan Kepala Resort 2 Longat Rachmadani. Kepala Desa Aek Ngali mengawali dengan mengatakan apresiasi dan rasa terimakasih atas kedatangan tim Balai TNBG untuk melakukan diskusi tentang kemitraan konservasi. Dimana kegiatan ini adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar Desa penyangga Taman Nasioanal Batang Gadis.

“Saya sangat berterima kasih kepada Balai TNBG karena telah melakukan diskusi kemitraan konservasi ini, kiranya masyarakat bisa memaknai kegiatan konservasi ini sebagai langkah meningkatkan ekonomi masyarakat kedepannya”, ungkap Saleh. Selain itu, Kepala Seksi PTN Wilayah I Siabu mengatakan kegiatan ini adalah untuk bersama mengelola kawasan konservasi dimana masyarakat sebagai pengelola.

Didalam pelaksanaan kemitraan akan dibentuk kelompok tani sebagai wadah untuk berbagi informasi serta Keja sama dengan TNBG, semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan kedepannya semakin meningkat dalam kesadaran akan pentingnya menjaga kawasan hutan. Disamping itu Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNBG Bobby Nopandry menjelaskan jika kegiatan ini sebenarnya berawal dari pertemuan penyuluh dengan perangkat desa Aek Ngali, dengan agenda mempertegas wilayah garapan masyarakat di daerah Taman Nasional Batang Gadis. Beliau mengatakan tentang kebun masyarakat yang ada dalam kawasan TNBG, Dikarenakan pembuatan dan penataan oleh pemerintah dalam pengelolaan kawasan hutan di tingkat pemerintah pusat serta TNBG dibagi beberapa zona seperti zona inti, rimba, tradisional, pemanfaatan, khusus. Semangat dimasyarakat atas adanya kebun di kawasan pemanfaatan menjadi peluang untuk membentuk kelompok yang akan dibina dan merupakan program pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat. Beliau menambahkan jika program pemerintah ini harus didukung oleh masyarakat agar berjalan seperti yang diharapkan. Beliau berharap dengan sosialisasi ini menemukan kesepakatan kerja sama berikutnya dengan agenda konservasi sehingga terjadi peningkatan ekonomi di masyarakat dengan memadukan potensi TNBG dengan masyarakat sehingga tercipta keharmonisan yang baik.

“Saya berharap semoga dengan diadakannya sosialisasi ini dapat menemukan kesepakatan atas kemitraan konservasi dengan masyarakat khususnya di Desa Aek Ngali ini”, tutup Bobby.

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini