Kegiatan Penilaian METT Oleh Balai BKSDA Sulteng

Senin, 09 November 2020

Senin, 9 November 2020 - Balai KSDA Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi (METT) pada tanggal 5-7 November 2020 bertempat di Swissbell Hotel Silae Palu. Kegiatan penilaian METT ini selain dihadiri oleh staf/pegawai Balai KSDA Sulawesi Tengah sendiri, juga dihadiri oleh perwakilan Kepala Desa yang berbatasan langsung dengan kawasan konservasi, diantara Kepala Desa Kaluku Tinggu Kab. Sigi dan Kepala Desa Sakina Jaya Kab. Parigi Moutong. Dan juga wakil dari Universitas Tadulako dan Universitas Muhammadiyah Palu.

Dalam sambutannya Kepala Balai KSDA Sulawesi Tengah, Ir. H. Hasmuni Hasmar, M.Si mengatakan, “hampir semua pengelolaan kawasan konservasi menghadapi permasalahan baik yang bersifat eksternal maupun internal. Kita bukannya tidak menyadari permasalahan yang ada namun mendapat kesulitan untuk mengidentifikasi prioritas permaslahan, prioritas alokasi sumber daya dan lain-lain. Mempertimbangkan hal tersebut maka perlu dilakukan penilaian terhadap efektivitas pengelolaan kawasan konservasi kita”.

Hasil penilaian METT tahun 2019 kemarin, dari 18 kawasan konservasi yang dikelola oleh Balai KSDA Sulawesi Tengah, sudah ada 6 (enam) kawasan yang nilai efektivitasnya mencapai ±70%, diantaranya CA Gunung Sojol (70%), SM Bakiriang (75%), CA Gunung Tinombala (71%), CA Pamona (73%), SM Pulau Pasoso (73%) dan TWA Wera (71%). Hasil penilaian METT ini diharapkan menjadi bahan evaluasi pengambilan kebijakan dalam pengelolaan kawasan konservasi yang berada di wilayah kerja Balai KSDA Sulawesi Tengah kedepannya.

Kegiatan penilaian METT ini juga sekaligus dirangkaikan dengan acara purna tugas pegawai atas nama Fredrik O. Rumbayan dari Seksi Wilayah I Pangi dan juga penyerahan bantuan secara simbolis berupa tas Eiger dan perlengkapan sekolah (dari Eiger Palu) oleh Kepala Balai KSDA Sulawesi Tengah kepada Kepala KPHK Morowali untuk selanjutnya diserahkan kepada anak-anak Sekolah Alam Lipu.


Sumber : Amelia, Tim Humas - Balai KSDA Sulawesi Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini