SKW IV Melakuakn Evakuasi Burung Elang Brontok di Dumai

Jumat, 06 November 2020

Pekanbaru, 5 November 2020 – Seekor Elang Brontok (Nisaetus cirrhatus) terbang dan mencari makanan disekitar Perumahan PT. Pertamina RU II Dumai. Berdasarkan keterangan penghuni perumahan, Elang tersebut sudah berada di sana sejak sekitar 1 minggu yang lalu. Warga di komplek tersebut memberinya makan, dan Elang pun mau memakannya. Namun kekhawatiran terjadi ketika si Elang menyambut makanan yang dibawa anak anak komplek.

Demi keamanan dan keselamatan Elang Brontok dan warga komplek tersebut, Pak Wendi berinisiatif untuk menangkap dan menyerahkan Elang Brontok tersebut ke pihak Balai Besar KSDA Riau. Namun, Pak Wendi telah menginformasikan terlebih dahulu ke Call centre Balai Besar KSDA Riau.

 

Berdasarkan laporan tersebut, Staf Seksi Konservasi Wilayah (SKW) IV bersama Penggiat Alam Rimbawan Pesisir serta Dokter Hewan Rut langsung mengecek  Elang Brontok yang sudah diamankan di kandang ukuran 3 x 3 meter dengan tinggi 2 meter di Kolam Renang Sasana Tirta, Komplek Perumahan PT. Pertamina Bukit Datuk Dumai. Di tempat tersebut juga dilakukan serah terima oleh Pak Oky Wibisono, Manager HSSE, PT.Pertamina RU II Dumai kepada pihak Balai Besar KSDA Riau yang diwakili ibu Titin, staf SKW IV Dumai.

Kondisi Elang Brontok diketahui kaki sebelah kiri putus dengan ukuran sayap ketika kembang +/- 2 meter.Selanjutnya Elang Brontok dibawa ke Pekanbaru untuk diobati dan diobservasi di Klinik Satwa Balai Besar KSDA Riau sebelum nantinya akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini