Pustaka Pinggir Jalan: Dari Balai TN Siberut untuk Generasi Muda Mentawai

Rabu, 04 November 2020

Sikabaluan, 28 Oktober 2020. Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat di daerah penyangga kawasan konservasi di wilayah kecamatan Siberut Utara terutama Desa Muara Sikabaluan, Desa Malancan dan Desa Monganpuola, Taman Nasional Siberut melalui Seksi PTN Wilayah II hadir dengan inovasi berupa program 'Pustaka Pinggir Jalan'. Dengan jadwal rutin 4 kali seminggu (Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu) dan lokasi yang berbeda-beda, program ini menyediakan fasilitas buku bacaan yang layak bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat usia sekolah.

Hingga saat ini koleksi buku mencapai hingga 200 buah, terdiri dari buku jenis fiksi ilmiah seperti (buku pengetahuan umum, best practice dll.) hingga buku non fiksi (seperti novel dan karya sastra sejenis).

Program perdana dilaksanakan pada hari Selasa 27 Oktober 2020 di Pelabuhan Pokai, Desa Muara Sikabaluan, dengan peserta program mencapai 13 orang. Pelaksanaan program ini dibantu oleh 8 orang mahasiswa Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Riau yang sedang melaksanakan Praktik Kerja Kehutanan di Balai Taman Nasional Siberut. Selain berkoordinasi dengan otoritas pelabuhan, pelaksanaan program tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka percepatan penanganan pandemi COVID-19 seperti penggunaan masker dan fasilitas hand sanitizer di lokasi.

Respon positif didapatkan baik dari peserta maupun dari tokoh masyarakat yang mengharapkan program ini dapat berlanjut dan jumlah koleksi buku dapat bertambah.

 

Sumber: Cecep Sumarna (Polhut) - Balai TN Siberut

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini