Pantau Hasil Transplantasi Karang, Balai TN Bunaken Ajak Korem 131 Santiago dan OASIS Dive Center

Senin, 02 November 2020

Manado, 2 November 2020.  Balai Taman Nasional Bunaken melaksanakan pemantauan hasil transplantasi karang yang terletak di perairan Alung Banua, Pulau Bunaken pada Sabtu (31/10) bersama para pihak antara lain Korem 131 Santiago dan OASIS Dive Center.

Karang memegang peranan penting di Taman Nasional Bunaken, sebagai salah satu ekosistem yang mendapatkan perhatian penting sebagai destinasi utama para wisatawan yang datang untuk menyelam dan snorkeling dalam menikmati keindahan alam.

Dalam penyampaian Plt. Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Nikolas Loli, SP bahwa karang sangat rentang terhadap perubahan, sebagai eksosistem unik karang memegang peranan penting dalam sumber daya perairan.

Selama musim penghujan ini banyak muncul bintang laut berduri dan sampah, dan sering sekali hal ini menjadi masalah pertumbuhan karang, adapun upaya transplantasi karang merupakan pendekatan untuk memperbaiki eksositem terumbu yang selama ini terdegradasi, dan dalam kegiatan ini kami melibatkan para pihak antaranya dengan Korem 131 Santiago dan Dive center, tutur Niko.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Komandan Korem 131 Santiago yang mensuport penuh dalam pelestarian kawasan. Kami sangat mengapresiasi kegiatan pelestarian kawasan, kepedulian kami untuk lingkungan diharapkan dapat memberikan manfaat nyata kepada kawasan.

Secara teritori ini perlu dìpertahankan, sebagai aset bangsa Taman Nasional Bunaken sudah mendunia, sekecil apapun kontribusi kami dalam mendukung pelestarian lingkungan, akan memberikan manfaat nyata, tutup Danrem

Transplantasi karang bersama OASIS Dive Center di perairan Alung Banua telah dilaksanakan sejak tahun 2018, dan sejauh ini hasil pemulihan ekosistem tersebut mencapai pertumbuhan yang optimal.

Manajer Dive OASIS Megi Sutanto dalam kesempatan terpisah menyampaikan apresiasi yang luar biasa dalam upaya pelestarian lingkungan, utamanya karang. Dukungan kami sepenuhnya untuk memastikan terumbu karang tetap baik, sebagai bentuk kontribusi kami kedepan terhadap lingkungan dari usaha wisata di TN Bunaken.

Selain pemantau hasil transplantasi karang, selama kegiatan juga dilaksanakan pelepasan tukik penyu dan pembersihan sampah di bawah laut.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini